Abstrak
Rancangan Modul Peningkatan Kemampuan Selective Attention Pada Anak Yang Mengalami Gangguan Pemusatan Perhatian (GPP) – Uji Coba terhadap Modul Peningkatan Kemampuan Selective Attention melalui Media Kartu Warna Hitam, Merah, Biru, dan Hijau pada Anak Usia 8 Tahun yang Mengalami Gangguan Pemusatan Perhatian (GPP).
Laurens Julian Iglesia Anthoni
Unpad
Indonesia
Unpad
ADD, BKW, GPP, psikoedukasi, psychoeducation, Selective attention
Masalah atensi sering dikeluhankan ketika anak duduk di kelas 3 SD, yang rata-rata berusia 8 tahun. Keluhan terjadi karena tuntutan belajar semakin tinggi sehingga anak harus mampu berkonsentrasi lebih lama. Berdasarkan tugas perkembangan, anak usia 8 tahun mampu berkonsentrasi maksimal selama 24-40 menit. Namun, pada anak dengan gangguan pemusatan perhatian (GPP), hal ini sulit tercapai khususnya dikarenakan anak seringkali terdistraksi oleh rangsang diluar tugas, atau dikenal dengan istilah selective attention (Flick, 1998). Peneliti merancang modul peningkatan kemampuan selective attention anak GPP usia 8 tahun melalui media kartu warna hitam, merah, biru, dan hijau, yang dikomputerisasi, dengan pendekatan psikoedukasi. Tugas anak adalah menekan tombol spacebar ketika kartu target muncul, dan tidak menekan tombol spacebar ketika kartu non-target muncul. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain single-subject-randomized-time series. Pengukuran selective attention dilakukan menggunakan stroop color test. Hasil pelatihan adalah terjadi peningkatan kemampuan selective attention anak usia 8 tahun dengan GPP.
Attentional problems often complained when children sit in 3rd grade, the average age of 8 years. Complaints occurs because higher learning demands that the child should be able to concentrate for longer. Based on the task of development, children aged 8 years to concentrate a maximum of 24-40 minutes. However, in children with attention deficit disorder (ADD), it is difficult to achieve, especially because children are often distracted by stimuli outside the task, or known as selective attention (Flick, 1998). Researchers designed a module upgrades selective attention ADD children aged 8 years through the media card is black, red, blue, and green, which is computerized, with psychoeducation approach. Child task is to press the spacebar when the target card appears, and do not press the spacebar when non-target card appears. The design study is a quasi experiment with single-subject design-randomized-time series. Measurements performed selective attention using the Stroop color test. The results of the training is an increase in selective attention abilities of children aged 8 years with ADD.