Abstrak RSS

Pengaruh Kepuasan Komunikasi Organisasi Terhadap Komitmen Organisasi Karyawan Di Aircraft Services PT. Dirgantara Indonesia (Persero)

Pengaruh Kepuasan Komunikasi Organisasi Terhadap Komitmen Organisasi Karyawan Di Aircraft Services PT. Dirgantara Indonesia (Persero)
Debora Ariani Cokabo
Unpad
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Unpad
, , ,

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari kepuasan komunikasi organisasi terhadap komitmen organisasi karyawan. Penelitian ini dilakukan di Aircraft Services PT Dirgantara Indonesia. Subjek penelitian berjumlah 108 orang karyawan. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner kepuasan komunikasi dari Downs dan Hazen (1977) yang sudah diadaptasi dan dimodifikasi menjadi 7 dimensi yang diukur dan kuesioner komitmen organisasi dari Porter (1979). Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian, tingkat signifikansi korelasi p.value = 0.000 (p.value > 0.05) dengan koefisien determinasi R2 sebesar 0,268 atau dengan kata lain kepuasan komunikasi memiliki pengaruh yang signifikan dan memiliki kontribusi sebesar 26,8% terhadap pembentukan komitmen organisasi pada karyawan ACS PTDI. Data ini menunjukkan bahwa kepuasan komunikasi yang dirasa cukup memuaskan pada karyawan ACS PTDI sangat memengaruhi keinginan karyawan untuk tetap berada di ACS PTDI.

This study was conducted to determine the effect of organizational communication satisfaction towatds organizational commitment. The reserarch was conducted in the Aircraft Services of Indonesia Aeroscpace. The subject of this study are 108 members of Aircraft Services. The data collection instrument used communication satisfaction questionaire from Downs and Hazen (1977) that has been modified to 7 dimension and organizational commitment questionaire (OCQ) from Porter (1979). Based on the research results, the level of significance of correlation p.value = 0.000 (p.value> 0.05) with a coefficient of determination R2 of 0,268, or in other words the communication satisfaction has a significant impact and have contributed 26,8% to developed organizational commitment. This data indicated that least satisfied of communication influence their commitment to ACS PTDI.

Download: .PDF