Abstrak RSS

Studi Deskriptif Mengenai Pola Attachment Antara Ibu Dengan Anaknya Yang Berusia 4 – 5 Tahun

Studi Deskriptif Mengenai Pola Attachment Antara Ibu Dengan Anaknya Yang Berusia 4 – 5 Tahun
Putri Arlanda Permatasari
Unpad
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Unpad
, ,

Ketika anak-anak mulai bersekolah di TK, mereka dituntut untuk keluar dari lingkungan keluarga. Namun, cara tiap anak bersosialisasi di sekolah berbeda-beda. Perbedaan perilaku anak-anak tersebut dipengaruhi oleh kemampuan sosial-emosionalnya yang didasari oleh attachment yang terbentuk. Dalam proses terbentuknya, attachment dipengaruhi oleh bagaimana ibunya memperlakukan anaknya dalam interaksi yang terjadi sehari-hari. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tentang pola attachment yang terbentuk pada anak usia 4 sampai 5 tahun ditinjau dari perilaku ibunya.Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian non-eksperimental dengan metode deskriptif. Partisipan penelitiannya adalah ibu siswa-siswi yang menempuh pendidikan TK kelas A di Jatinangor dengan jumlah partisipan 86 orang. Variabel yang diukur adalah pola attachment yang diukur menggunakan kuisoner yang diadaptasi dari teori Maternal Sensitivity Scale dari Ainsworth (1969). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola attachment yang terbentuk antara ibu dan anaknya yang berusia 4 – 5 tahun yaitu 45.35% memiliki pola secure attachment dimana anak-anaknya dapat menjalin pertemanan dengan teman sekelasnya. Kemudian, 32.56% memiliki pola avoidant attachment dimana anak dengan avoidant attachment cenderung menarik diri dan kurang dapat bersosialiasi dengan temannya. Lalu 22.09% memiliki pola ambivalent/resistant attachment yang ketika disekolah anak ambivalent/resistant dijauhi oleh teman-temannya karena ia terlalu sering cari-cari perhatian dengan teman dan guru.

Download: .PDF