Abstrak
Uji Coba Making Request Skill Training Pada Anak Usia 9 – 10 Tahun yang Mengalami Kesulitan Berinteraksi dalam Kelompok
Nasyiatul Utami Nazar
Universitas Padjadjaran
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran
basic social skill, basic social skills, instructional design, making request skill, quasi eksperimental, quasi experimental, social skills training
Penelitian berjudul Uji Coba Making Request Skill Training Pada Anak Usia 9 – 10 Tahun yang Mengalami Kesulitan Berinteraksi dalam Kelompok ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk making request skill training yang tepat untuk meningkatkan keterampilan making request anak usia 9 – 10 tahun yang mengalami kesulitan berinteraksi dalam kelompok. Subjek penelitian adalah satu orang siswi kelas empat Sekolah Dasar, berjenis kelamin perempuan, usia berada pada rentang 9 – 10 tahun, yang mengalami kesulitan melakukan making request ketika berinterkasi dalam kelompok sejak dari kelas satu Sekolah Dasar. Pelatihan ini merupakan modifikasi dari Social Skills Training yang dirancang oleh Bellack. Perancangan program pelatihan pada penelitian ini menggunakan pendekatan instructional design yang dilanjutkan dengan melakukan uji coba pertama untuk mendapatkan program pelatihan yang dapat digunakan sebagai treatment terhadap anak – anak yang memiliki karakteristik yang sama dengan subjek penelitian ini. Pengaruh pelatihan terhadap keterampilan making request subjek diuji dengan menggunakan pendekatan quasi eksperimental, yaitu single case research design. Data diperoleh melalui observasi menggunakan behavioral checklist selama pengukuran awal, pelaksanaan pelatihan, dan pengukuran akhir, yang dianalisa secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam perilaku making request subjek, khususnya dalam mengatakan permintaan dengan jelas. Tampilan yang menarik pada media penyampaian materi berupa gambar yang representatif dan tokoh dengan usia yang relatif sama pada video peraga merupakan faktor yang mempengaruhi pemahaman subjek.
The study about modification and execution of Making Request Skill Training in Children Age 9 – 10 Years Experiencing Difficulties Interacting in A Group is performed in order to determine an appropriate form of Making Request Skill Training to improve the making requests skill of children aged 9 – 10 years who have difficulty interacting in the group. Subject was a girl with ages ranging 9 – 10 years, who are having difficulty in making request when interacting in a group since her first grade primary school. This training is a modification of Social Skills Training. Training program is designed by using instructional design approach and had been tried out once to get a training program that can be used as a treatment for children with the same characteristics as the subject of this study. The training program impact was investigated by using quasi experimental approach, with single case research design. Data was obtained by observation using behavioral checklist during pre test, treatment, and post test, which is analyzed descriptively. The results showed an enhancement in making request behavior of subject, especially say exactly what you’d like person to do, and why you need it behavior. Content delivery by using interesting view on the media with representative images, and the same age of character in the modeling video increased the understanding of the subject.