Abstrak
Gambaran Goal Mechanism Akademik Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran Yang Memiliki IPK Tinggi Dan Aktif Berorganisasi
Agus Suhendra
Universitas Padjadjaran
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran
BEM, BPM, goal mechanism, goal setting, IPK, mahasiswa
Pendidikan sangat penting dan dibutuhkan dalam mengembangkan pengetahuan dan karakter manusia. Pendidikan tinggi menuntut mahasiswa untuk aktif dalam akademik dan juga dalam kegiatan kemahasiswaan. Tujuan mengikuti kegiatan atau organisasi kemahasiswaan tersebut adalah mengembangkan soft skill. Namun, terkadang dengan aktif berorganisasi mahasiswa melalaikan kewajiban akademiknya. Hal ini mengakibatkan IPK mahasiswa menjadi turun, sedangkan IPK adalah salah satu indikator kesuksesan dalam akademik. Tetapi ada mahasiswa yang tetap aktif berorganisasi dan mendapatkan IPK . 3,0. Data dari Sub Bagian Akademik menunjukan bahwa terdapat sebanyak 75% anggota BEM atau BPM Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran periode 2014 yang memiliki IPK . 3,0. Data awal berupa wawancara yang didapatkan peneliti menunjukan bahwa mahasiswa yang aktif berorganisasi ini memiliki goal atau tujuan akademik. Melalui teori goal setting peneliti akan menjelaskan goal mechanism mahasiswa, yakni bagaimana mereka mengarahkan atensi, usaha, ketekunan serta strategi dalam mempertahankan IPK mereka tetap di atas 3. Rancangan penelitian bersifat non eksperimental dengan pendekatan kuantitatif dan metode deskriptif. Jumlah sampel sebanyak 40 orang dari total populasi sebanyak 68 orang. Peneliti menggunakan simple random sampling. Hasilnya adalah sebanyak 43% mahasiswa memiliki goal mechanism yang tinggi , 57% bertingkat sedang, dan 0% untuk rendah. Ternyata mahasiswa memiliki usaha dan strategi yang tergolong tinggi dalam mencapai goal akademik.