Abstrak
Perancangan Padjadjaran Memory Rehearsal Application (PMRA) Untuk Melatih Pemfungsian Working Memory Pada Mild Intellectual Disability Usia Mental 8 Tahun
Rista Puspita, Lenny Kendhawati, Afra Hafny Noer
Universitas Padjadjaran
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran
Mild Intellectual Disability, Padjadjaran Memory Rehearsal Application, PMRA, Working Memory
Penelitian ini bertujuan untuk merancang alat yang dapat melatih pemfungsian working memory pada mild intellectual disability usia mental 8 tahun. Working memory (WM) merupakan fungsi kognitif yang berperan penting dalam kehidupan sehari-hari: digunakan untuk menyimpan dan mengolah informasi penting, menghambat informasi yang tidak berkaitan dan membuat langkah-langkah untuk mencapai tujuan. WM pada anak dengan mild intellectual disability (MID) tampak mengalami defisit namun fungsi eksekutif tidak mengalami kerusakan sehingga dapat dilatih melalui strategi yang tepat. Intervensi dilakukan menggunakan PMRA yang dirancang sendiri oleh peneliti berdasarkan konsep teori WM dari Baddeley (2000). Penelitian merupakan eksperimen murni meliputi tahapan uji pilot dan eksperimen utama menggunakan within-subjects design dengan pendekatan modifikasi perilaku (token economy). Uji pilot-1 dan uji pilot-2 dilakukan masing-masing sebanyak 1 sesi dan eksperimen utama dilakukan sebanyak 20 sesi. Partisipan yang terlibat dalam penelitian ini merupakan anak dengan MID usia mental 8 tahun, dijaring melalui teknik purposive sampling melalui wawancara evaluating for possibility mental retardation (Sattler, 2002) dan pemeriksaan Stanford-Binet Intelligence Test. Analisis data menggunakan teknik uji hipotesis dan analisis deskriptif. Hasil penelitian didapatkan bahwa terjadi kecenderungan peningkatan skor pada pemfungsian WM empat partisipan dalam 20 sesi intervensi. Maka, berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa PMRA dapat digunakan untuk melatih WM pada MID usia mental 8 tahun.