Abstrak
Studi Deskriptif Mengenai Academic Self Management Menyelesaikan Dua Tugas Dalam Satu Waktu (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Keperawatan Unpad Angkatan 2011 Dalam Menyusun Skripsi Dan Masih Mengikuti Perkuliahan Wajib)
Puranti Nur Parida
Universitas Padjadjaran
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran
Academic Self Management, Mahasiswa FKEP Unpad, skripsi, Student Unpad Nursing Faculty, thesis
Penelitian menemukan jika beberapa mahasiswa tingkat akhir mendapatkan kesulitan ketika membuat skripsi ditambah tugas lainnya. Kesulitan yang dialami berupa pengelolaan diri dalam bidang akademik atau yang disebut dengan academic self management. Academic self management adalah sekumpulan strategi dalam mengelola diri untuk dapat mengendalikan faktor – faktor yang mempengaruhi cara belajar mahasiswa sehingga mempengaruhi kesuksesan dalam bidang akademik. Fenomena ini ditemukan pada mahasiswa Fakultas Keperawatan Unpad (FKEP UNPAD) angkatan 2011 pada semester 8. Mereka merupakan mahasiswa tingkat akhir yang mempunyai kewajiban untuk mengerjakan skripsi ditambah masih memiliki kewajiban untuk melaksanakan kuliah sebanyak 12 sks. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gambaran academic self management pada mahasiswa Fakultas Keperawatan Unpad angkatan 2011. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan non experimental dengan metode penelitian deskriptif kuantitatif dan metode retrospektif. Penelitian dilakukan pada 55 orang responden Mahasiswa Fakultas Keperawatan Unpad angkatan 2011 yang telah melaksanakan wisuda pada bulan Agustus 2015. Pengumpulan data menggunakan kuesioner academic self management yang mengacu pada teori Dembo (2004) dan disesuaikan dengan konteks penelitan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa academic self management berada pada kategori tinggi, artinya academic self management ini sesuai pada mahasiswa dalam mengerjakan tugas kuliah dan skripsi dalam satu waktu. Dimensi yang dominan adalah behavioral strategies. Dapat dikatakan jika para mahasiswa mampu mengontrol faktor perilaku belajarnya untuk mencapai kesuksesan akademik. Perilaku ini terdiri dari pengelolaan lingkungan fisik, lingkungan sosial dan pengelolaan waktu.
Studies have found that some final year students have difficulties when making a thesis plus other tasks. Difficulties experienced in the form of self-management in the academic field or the so-called academic self-management. Academic self-management is a set of strategies to manage themselves to be able to control the factors – factors that affect student learning that affect success in the academic field. This phenomenon is found in the students of the Faculty of Nursing, Padjadjaran University (Unpad Nursing Faculty) batch 2011 semester 8. They are a graduate student who has the obligation to do thesis plus still have the obligation to carry out as many as 12 college credits. The purpose of this study to describe the academic self-management on the students of the Faculty of Nursing Unpad 2011. The approach used in this study was non-experimental approach with quantitative descriptive research methods and methods of retrospective. The study was conducted on 55 respondents Unpad Faculty of Nursing class of 2011 who have carried out the graduation in August 2015. The data was collected using a questionnaire academic self-management, which refers to the theory of Dembo (2004) and adapted to the context of the research. Results from this study showed that the academic self-management at the high category, meaning that academic self-management is in accordance to the students in doing the coursework and thesis in one time. Is the dominant dimension of behavioral strategies. It can be said if the students were able to control the behavior factor of learning to achieve academic success. This behavior consists of the management of the physical environment, social environment and time management.