Abstrak
Rancangan Pelatihan Teknik DTT Bagi Ibu Yang Memiliki Anak ASD Level Mild
Cecilia Helmina Erfanie
Universitas Padjadjaran
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran
ASD., Autism Spectrum Disorder (ASD), DTT Technique, ibu, Initiating Joint Attention, Mother., One Group Pretest-Posttest, Quasi Experimental Design, Teknik DTT
Penelitian yang berjudul Rancangan Pelatihan Teknik DTT Bagi Ibu yang Memiliki Anak ASD Level Mild. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan ibu sampai tahap mengaplikasikan pengetahuan teknik DTT. Partisipan dalam penelitian ini adalah tiga orang ibu rentang usia 30 sampai 46 tahun, dengan tingkat pendidikan minimal SMU yang memiliki anak ASD level mild. Pelatihan ini terdiri dari empat tahapan studi, yaitu pertama merancang pelatihan berdasarkan teori ASD, teknik DTT, dan tahapan perilaku initiating joint attention yang terdiri dari: share gaze, alternate gaze, pointing, showing, dan giving yang merupakan indikator tahapan perilaku initiating joint attention dalam Early Social Communiation Scale (Mundy & Hogan, 1996; Charman, 1977; Mundy & Gomes, 1998). Kedua, melakukan review terhadap rancangan pelatihan yang dilakukan oleh expert, hasil yang diperoleh berupa perubahan pada materi, metode, bahasa dan alat ukur yang digunakan. Ketiga, melakukan ujicoba pertama rancangan pelatihan pada subjek yang memiliki karakteristik mirip dengan subjek penelitian. Keempat, melakukan ujicoba terhadap rancangan pelatihan pada subjek terbatas. Pengaruh pelatihan terhadap peningkatan pengetahuan diuji dengan menggunakan pendekatan Quasi Experimental Design menggunakan One Group Pretest-Posttest. Peningkatan pengetahuan dilihat melalui perubahan skor pada kuesioner pengetahuan dilihat melalui perubuhan skor pada kuesioner sebelum dan sesudah pelatihan. Hasil penelitian ini merupakan rancangan pelatihan yang dapat mencapai tujuan dalam domain kognitif : pengetahuan, pemahaman, dan pengaplikasian pengetahuan.
The study, entitled DTT Training Technique Program for Mothers whose Child with ASD Mild Level conducted to improve knowledge of mothers. The training’s goal is the change of the cognitive domain of the mother, and they may have applications of information about DTT Technique.
Participants in this study were three mothers with ranges of age between 30 to 46 years old, with the level of education in Senior High School whose child with ASD Mild Level. The training consisted of our phases of the study : first, to design DTT training technique program based on ASD theory, DTT Technique, Initiating Joint Attention, specifically in: share gaze, alternate gaze, pointing, showing and giving behaviors which is an indicator of initiating joint attention behavior in Early Social Communication Scale (Mundy & Hogan, 1996; Charman, 1977; Mundy & Gomes, 1998). Second, the training’s design review by expert, and the results is modification material, methods, language and questionnaire. Third, the first try out of the program on the subject which have similar characteristics of the training participants. Fourth, to try out the program to real participants. The Effect of training on participants knowledge enhancement was tested using Quasi-Experimental Design approach with one group pretest-posttest design. Data was obtained by comparing score of knowledge before and after training. The results of research is the traning design which is showed that the goal achievement of cognitive domain: knowledge, understanding, and applications participants can be achieved.