Abstrak
Studi Deskriptif Mengenai Sport Consumption Pada Member Bigreds Indonesia Official Liverpool Supporter Club
Aunur Rofi
Universitas Padjadjaran
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran
BIGREDS IOLSC., fans, Sport Conusumption
Fans sepakbola memiliki peran penting terhadap tim sepakbola yang didukungnya, terutama peranan atau dukungan secara finansial terhadap tim sepakbola. Konsumsi yang dilakukan oleh fans sepakbola baik melalui media, pembelian merchandise, atau produk lain terkait dengan tim yang didukungnya yang akan mendorong finansial sebuah tim sepakbola. Pemahaman mengenai mengapa fans melakukan sport consumption akan memberikan keuntungan pula bagi pihak marketers dan managers (Trail et al., 2003). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data empirik mengenai sport consumption pada member BIGREDS Indonesia Official Liverpool Supporter Club (IOLSC). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah convenience sampling. Penelitian dilakukan dengan total responden sebanyak 107 orang anggota BIGREDS IOLSC. Pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan mengenai sport consumption berdasarkan teori Raney & Bryant (2006). Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden memiliki tingkat sport consumption yang cenderung tinggi (45%).