Abstrak
Gambaran Bentuk Coping Stress Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran Yang Mengalami Stres Akademik
Sherly Rosita Edi Sentani
Universitas Padjadjaran
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran
coping stress, Stres, Stress Appraisal, tuntutan akademik
Mahasiswa Fakultas Psikologi Unpad menilai bahwa tuntutan akademik (tugas kelompok, praktikum, nilai, dan ujian) sebagai penyebab stress sehingga mahasiswa perlu mengetahui upaya untuk mengatasi stres terhadap tuntutan akademik. Upaya yang dilakukan oleh mahasiswa Fakultas Psikologi Unpad ini disebut sebagai coping stress. Mahasiswa perlu mengetahui bentuk coping stress seperti apa yang tepat untuk mengatasi stres terhadap tuntutan akademik. Penelitian ini dilakukan untuk melihat gambaran bentuk coping stress pada mahasiswa Fakultas Psikologi Unpad yang mengalami stres akademik. Subjek penelitian ini yaitu mahasiswa aktif Fakultas Psikologi Unpad angkatan 2012, 2013, 2014 dan 2015 yang mengalami stres akademik. Partisipan penelitian (N=120) yaitu mahasiswa Fakultas Psikologi Unpad yang termasuk kedalam kategori derajat stres tinggi yang diukur menggunakan alat ukur Stress Appraisal. Alat ukur Stress Appraisal ini disusun berdasarkan konsep teori Lazarus & Folkman (1984). Coping stress diukur dengan alat ukur COPE Inventory dari Charles Carver (1989). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas partisipan penelitian lebih banyak menggunakan problem focused coping (48,3%) untuk mengatasi stres terhadap tuntutan akademik, khususnya dengan subdimensi yang paling banyak digunakan yaitu seeking social support for instrumental reasons. Dengan demikian, mayoritas mahasiswa Fakultas Psikologi Unpad mengatasi stres dengan mencari informasi atau bantuan kepada orang lain untuk mengatasi tuntutan akademik.