Abstrak
Uji Coba Rancangan Intervensi Prinsip-Prinsip Positive Self-Talk Untuk Meningkatkan Physical Self-Esteem Pada Remaja Madya Yang Memiliki Body Image Negatif Terkait Bentuk Badan Di SMA 24 Bandung
Sartika Sari Purba
Universitas Padjadjaran
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran
body image, CY-PSPP, Diary, Physical Self-Esteem, Positive Self-Talk
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empirik mengenai penggunaan rancangan intervensi dengan menggunakan prinsip-prinsip positive self-talk untuk meningkatkan physical self-esteem pada remaja madya yang memiliki body image negatif. Penelitian ini didasari oleh pertimbangan sebagai sebuah tindakan preventif untuk gangguan klinis yang bisa terjadi pada remaja dengan physical self-esteem rendah yang berkelanjutan yaitu body dismorfic disorder (BDD). Untuk melihat physical self-esteem dilakukan dengan menggunakan alat ukur dari James Whitehead (1995) yang diadaptasi ke bahasa indonesia yaitu Children-Youth Physical Self Perception Profile (CY-PSPP). Sebelumnya akan dilakukan penyaringan subjek penelitian dengan menggunakan kuesioner body image. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi-experimental research design, dengan jenis one group pre-test post test design. Penelitian ini dilakukan terhadap 2 orang siswa SMA Kelas XI di SMA 24 Bandung. Perubahan physical self-esteem yang dimiliki setiap partisipan diukur dengan menggunakan alat ukur CY-PSPP yang diberikan sebelum dan sesudah rancangan intervensi dilakukan. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan uji statistik data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rancangan intervensi dengan menggunakan prinsip-prinsip positive self-talk secara signifikan dapat meningkatkan physical self-esteem pada remaja madya yang memiliki body image negatif. Data yang diperoleh menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata hasil yang diperoleh saat dilakukannya pengukuran sebelum intervensi (pre-test) yaitu 59.5 serta pengukuran yang setelah dilakukannya intervensi (post-test) yaitu 93. Selain itu dari data penulisan diary juga didapatkan peningkatan yang cukup signifikan dari hasil rata-rata skala physical self-esteem setiap harinya. Kedua subjek penelitian memperlihatkan perubahan pemikiran negatif yang mendasari rendahnya physical self-esteem menjadi pemikiran yang lebih positif.
This research aims to obtain empirical data regarding the use of the intervention which using the principles of positive self-talk to increase physical self-esteem in adolescent who have a negative body image. This research is based on a consideration as a preventive act for clinical disorder, that able to occur in adolescent with sustainable low physical self-esteem, which is Body Dismorphic Disorder (BDD). To measure physical self-esteem, Indonesian adapted Children-Youth Physical Self Perception Profile (CY-PSPP) from James Whitehead (1995) is used. Screening the research subjects using the body image questionnaire is conducted before. Quasi-experimental research design is applied, with one group pre-test post-test design. This research is conducted to two 11-grader students at SMA 24 Bandung. The change of physical self-esteem on each student is measured by CY-PSPP, which is given before and after the intervention. The data collected is processed with descriptive statistical test. Result shows that intervention with the principles of positive self-talk is able to increase the physical self-esteem significantly in adolescent who have a negative body image. The data collected shows mean differences on the measurement, pre-test is 59.5 and post-test is 93. A significant improvement also obtained from the mean of daily physical self-esteem scale on diary writing. Both subjects show changes of negative thoughts that underlie the low physical self-esteem, into more positive thoughts.