Abstrak RSS

E-MONEV STRATEGI KEBIJAKAN KESEHATAN PROVINSI JAWA BARAT

E-MONEV STRATEGI KEBIJAKAN KESEHATAN PROVINSI JAWA BARAT
Dr. Sintaningrum., M.T., Mas Dadang Enjat Munajat.,S.Si.,M.TI.
Kemenristek Dikti
Indonesia
Dr. Sintaningrum., M.T., Mas Dadang Enjat Munajat.,S.Si.,M.TI., Kemenristek Dikti
, ,

Berdasarkan data dokumen “Jabar Dalam Angka Tahun 2007 hingga 2012” pada Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat menunjukkan gejala bahwa situasi derajat kesehatan Jawa Barat mengalami peningkatan untuk beberapa kriteria seperti UmurHarapan Hidup, Peserta KB Aktif, Perilaku Hidup Sehat, Layanan Ibu bersalin, berkurangnya angka kematian akibat penyakit Menular dan tidak menular. Akan tetapi beberapa kriteria masih mengalami fluktuasi dan kecenderungan memperlihatkan trend yang semakin buruk seperti Kematian Bayi dan Balita per 1000 Kelahiran Hidup, Layanan Neonatal, Angka Kematian Ibu per-100 ribu KH. Kesimpulan informasi ini tidak dapat kita lihat berdasarkan data terpisah laporan pertahun yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat. Kami mencoba menganalisa peningkatan dan penurunannya berdasarkan data 5 tahun terakhir, dan mencoba mempelajari hubungan dan pola yang terjadi.

Penelitian kami sebelumnya, mencoba memetakan kriteria selama 5 tahun terakhir dan mempelajari pola dan hubungan informasi yang tersedia berdasarkan teori Strategy Mapping dan Balance Scorecard yang dikemukakan oleh Kaplan-Norton. Akan tetapi, kesulitan yang dialami adalah proses analisa yang memakan waktu cukup lama karena dilakukan secara manual berdasarkan laporan yang disampaikan masing-masing unit, sehingga pengambil keputusan akan sangat sulit untuk melakukan monitoring dan evaluasi kebijakan yang cepat dan tepat sasaran.

Melalui usulan penelitian tahap 3 ini, kami mencoba menerapkan hasil penelitian sebelumnya untuk dibuatkan konsep monitoring dan evaluasi berbasis elektronik (eMonev), dimana harapannya para pengambil keputusan dapat cepat dan tepat melakukan analisa data dan informasi terkini sebagai dasar kebijakan yang akan disampaikan dalam pencapaian visi dan misi. Metode yang digunakan adalah metode prototype dimana metode ini umum digunakan dalam proses application lifecycle. Harapannya eMonev ini mempu menjembatani dalam proses pembuatan kebijakan yang tepat sasaran.

Download: FULL TEKS