Abstrak
Hubungan antara Kualitas Persahabatan dengan Penyesuaian Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran Angkatan 2014 dan 2015
Amalina Salsabil, Dibimbing Oleh : Yanti Rubiyanti, S.Psi., M.Psi
Universitas Padjadjaran
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran
Kualitas Persahabatan, Penyesuaian Akademik, Remaja Akhir
Memasuki perguruan tinggi, banyak perubahan yang dihadapi oleh remaja. Dua di antaranya ialah perubahan lingkungan sosial dan perubahan sistem pendidikan. Perubahan lingkungan sosial menuntut remaja untuk membangun relasi baru yang bersahabat. Sementara perubahan pada sistem pendidikan, menuntut penyesuaian berupa respon yang efektif dalam rangka menghadapi tuntutan baru yang dihadapi remaja dalam area tersebut. Interaksi remaja dalam relasi persahabatannya merupakan faktor penting yang dapat menentukan kemampuan penyesuaian akademik mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk melihat hubungan antara kualitas persahabatan dengan penyesuaian akademik pada mahasiswa Fakultas Psikologi Unpad angkatan 2014 & 2015. 149 mahasiswa (18-21 tahun) yang memiliki sahabat menjadi responden penelitian ini. Metode yang digunakan ialah berupa studi korelasional dengan teknik penarikan sampel simple random sampling. Data penelitian diperoleh melalui alat ukur kualitas persahabatan (62 item) yang dikembangkan dari konsep Thomas J. Berndt (2002) serta alat ukur penyesuaian akademik (45 item) yang dikembangkan berdasarkan konsep Alexander A. Schneiders (1964). Data yang diperoleh diolah menggunakan uji korelasi rank spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas persahabatan dengan penyesuaian akademik (p-value = 0.000, r = 0.343). Secara umum, Mahasiswa Fakultas Psikologi Unpad angkatan 2014 & 2015 memiliki kualitas persahabatan yang tinggi, dimana relasinya lebih didominasi oleh ciri positif daripada ciri negatif. Selain itu, mereka juga memiliki penyesuaian akademik yang baik.