Abstrak
Strategi Penetrasi Penggunaan Internet Pada Usaha Kecil Menengah Agroindustri Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pelaksanaan E-commerce (Studi Kasus: AIKMA Kota Bandung) ( Strategies Penetration Use Internet On SMES Agro Industry As An Efforts To Improve The Quality Of Implementation Of E-commerce Case Study on AIKMA Bandung)
Ananty Kurnilah Putri, Dwi Purnomo, Totok Pujianto
Universitas Padjadjaran
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran
e-commerce, internet, Small and Medium Enterprises, Strategi, Strategy, swot, Usaha Kecil dan Menengah
Pengguna internet di era globalisasi saat ini berkembang sangat pesat, dikarenakan internet merupakan alat dan cara untuk memudahkan manusia dalam bekerja dan mencari informasi. Internet merupakan salah satu kebutuhan masyarakat Indonesia saat ini, terlebih lagi jika diterapkan dalam pengembangan usaha di UKM karena memudahkan pelaku usaha dalam mempublikai produk, memasarkan, bereksplorasi, maupun berkomunikasi dengan konsumen. Oleh karena itu UKM di Indonesia sebaiknya menerapkan penggunaan internet dalam membantu berbagai kegiatan guna mempercepat pertumbuhan demi mencapai keunggulan kompetitif. Pada penelitian ini dilakukan analisa terlebih dahulu melalui perilaku dan karakteritik dari pelaku usaha maupun konsumen menggunakan metode survei dengan kuisioner, yang mana penentuan sampel populasi sebanyak 30 orang pelaku usaha menggunakan porposif sampling dan 230 orang konsumen menggunakan slovin. Metode survei dilakukan untuk mendapatkan faktor internal yaitu kekuatan dan kelemahan dari perusahaan serta faktor eksternal yaitu ditinjau dari peluang dan ancaman dari konsumen yang kemudian akan diterapkan ke dalam metode SWOT untuk pemetaan dan dan penentuan strategi dalam upaya peningkatan mutu pelaksanaan e-commerce. Dari strategi yang didapatkan diharapkan dapat lebih menggunakan mutu dalam pelaksanaan e-commerce yang akan diterapkan dalam UKM guna untuk membantu dan memudahkan berbagai kegiatan.
Internet use in the era of globalization, is now developing very rapidly because the Internet is tools and means to facilitate people in work and looking for information. The Internet is one of the necessities for the people of Indonesian at the moment, especially if applied to business development in SMEs due facilitate trade in publishing product, markets, explore, and communicate with consumers. Therefore SMEs in Indonesia should employ the use of the internet in helping a wide range activities in order to accelerate growth in order to achieve a excelent competitive. This analysis is done on the research in advance about behavior and characteristic of businessesmen and consumers using method survey with a questionaire, which is where the determination of a sample population of as many as 30 people SMEs using porposif sampling and 230 people consumers using slovin. Methods of the survey is conducted to obtain internal factors i.e strengths and weaknesses of the company as well as external factors, namely the review of the opportunities and threats of the consumers who will then to be applied to the SWOT method for mapping and determining a strategy in an effort to increase the quality of the implementation of e-commerce. Of the strategy which is expected to future improve the quality in the implementation of e-commerce that will be applied in SMEs in order to assist and facilitate various activities.