Abstrak
Achievement Emotion Dan Korelasinya Terhadap Irrelevant Task Dan Kemajuan Pengerjaan Skripsi Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran
Surya Cahyadi, S.Psi., M.Psi.
Universitas Padjadjaran, Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran, Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran
achievement emotion, Irrelevant Task, Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran, skripsi
Didasari oleh adanya permasalahan mengenai lamanya waktu pengerjaan Skripsi di Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran, pada penelitian ini diselidiki tentang hubungan munculnya pengalaman emosi terhadap aktivitas pengerjaan skripsi kemajuan pengerjaan skripsi yang dicapai mahasiswa. Control-Value Theori of Achievement Emotion digunakan sebagai dasar penjelasan teoritis mengenai hal tersebut. Responden pada penelitian ini adalah 85 mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran yang tengah mengerjakan Skripsi. Data dijaring secara cross sectional dengan menggunakan metode self-report melalui kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik dengan menggunakan tehnik korelasi Spearman. Pada penelitian ini diperoleh hasil bahwa prospective outcome emotion (cemas, tak berdaya, dan berharap) memiliki korelasi dengan activity emotion (menikmati dan bosan) sesuai dengan valensinya. Secara umum, achievement emotion positif (berharap dan menikmati) memiliki korelasi negatif dengan irrelevant task, sebaliknya achievement emotion negatif (cemas, tak berdaya, dan bosan) memiliki korelasi positif dengan irrelevant task Terkait dengan kemajuan skripsi, irrelevant task memiliki korelasi negatif terhadap kemajuan skripsi. Sedangkan pada perhitungan korelasi antara schievement emotion dengan kemajuan skripsiditemukan bahwa hanya perasaan berharap yang memiliki korelasi positif dengan kemajuan skripsi, sementara emosi lainnya tidak memiliki korelasi yang signifikan.