Abstrak
Rancangan Intervensi Untuk Mengatasi Masalah Rendahnya Keterikatan Perilaku Pengerjaan Skripsi Mahasiswa Fakultas Psikologi Unpad
Arlita, Surya Cahyadi, Rasni Adha Yuanita
Universitas Padjadjaran
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran
Behavioral Engagement, college student, Group Counselling, Keterikatan Perilaku, Konseling Kelompok, mahasiswa, skripsi, undergraduate thesis
Fenomena keterlambatan penyelesaian skripsi ditemukan terjadi di sebagian besar mahasiswa fakultas psikologi unpad, hal ini dikhawatirkan dapat berdampak pada kegagalan penyelesaian studi. Keterlambatan penyelesaian skripsi tersebut dapat terjadi karena adanya perilaku negatif pada pengerjaan skripsi, yang menunjukan rendahnya keterikatan perilaku pengerjaan skripsi mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana gambaran aspek-aspek psikologis yang menyebabkan mahasiswa memiliki keterikatan perilaku pengerjaan skripsi yang rendah, serta intervensi yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah pada aspek tersebut. Hasil pada penelitian ini menunjukan bahwa aspek penilaian kognitf yang kontrol dan value skripsi serta emosi prestasi yang muncul pada aktivitas dan hasil skripsi secara signifikan mempengaruhi keterikatan perilaku pengerjaan skripsi mahasiswa. Oleh karena itu, disusun rancangan intervensi konseling kelompok yang bertujuan untuk membantu individu memahami masalah pengerjaan skripsinya, serta mencari solusi berdasarkan masalah pada aspek tertentu dalam pengerjaan skripsi.
The phenomenon of late completion of the thesis found to occur in most faculty of psychology faculty unpad, that can leads to failure of completion of study. That phenomenon can occur due to the negative behavior on thesis work, which shows the low level of thesis behavioral engagament. The purpose of this study is to desribing psychological aspects that cause students to have a low level of thesis behavioral engagament, as well as interventions that can be used to solve problems in that aspect. The results of this study indicate that aspects of control-value appraisal of the thesis and achievement emotion that appear on activity and thesis results significantly influence the thesis behavioral engagament. Therefore, a draft group counseling intervention was designed to help the individual understand the problem of his thesis work, as well as to find solutions based on problems in certain aspects of thesis work.