Abstrak
Implementasi Model Komunikasi Kesehatan Melalui Penyebaran Informasi Jaminan Kesehatan Masyarakat Jawa Barat
Agus Rahmat, Susi Perbawasari, Feliza Zubair, Aang Koswara
Universitas Padjadjaran, Jurnal Penelitian Komunikasi Vol. 17 No.1, Juli 2014: 29-40
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran, Jurnal Penelitian Komunikasi Vol. 17 No.1, Juli 2014: 29-40
Communication, komunikasi, opinion leaders, public target, publik target
Setiap perilaku berlandas pada pengetahuan, oleh karena itu untuk keberhasilan program Jaminan Kesehatan Masyarakat yang dilakukan pemerintah untuk masyarakat kurang mampu mempersyaratkan dilakukannya komunikasi atau sosialisasi atas program tersebut, melalui berbagai saluran yang ada. Bagaimana model komunikasi kesehatan yang diimplementasikan pemerintah dalam menyebarkan informasi Jamkesmas khususnya di wilayah Jawa Barat ? Tujuan penelitian ini adalah mengetahui arah aliran informasi yang terjadi dalam sosialisasi program Jaminan Kesehatan Masyarakat, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan multistage cluster sampling, jumlah responden 180 orang. Hasil penelitian menunjukkan komunikasi yan bersifat antarpribadi dengan para opinion leaders formal sebagai saluran utama masyarakat kurang mampu dalam memeroleh informasi. Ini berarti bahwa publik target untuk penguatan atau keberhasilan sosialisasi Jaminan Kesehatan Masyarakat adalah opinion leaders seperti ketua Rukun Warga ataupun Rukun Tetangga serta kader.
Every behavior is based on knowledge, therefore the success of public health insurance (Jamkesmas) program conduct by the government for poor community require communication and socialization of the program, through various existing channels. How health communication model implemented by the government in order to disseminate Jamkesmas information particularly in West Java region? The purpose of this research is to discover the direction of information stream in socialization of Jamkesmas program, through quantitative approach. In addition, sampling use multistage cluster sampling with 180 respondents. The result of the research shows that interpersonal communication with formal opinion leaders act as the main channel for poor community to obtain information. It means that the public target for strengthening or success of Jamkesmas socialization is opinion leaders such as head of the neighborhood or local community and cadres.