Abstrak
Pendidikan Kesehatan Dengan Buklet Untuk Meningkatkan Pengetahuan Dan Sikap Mengenai Deteksi Dini Kanker Serviks
Sri Wisnu Wardani, Tita Husnitawati Madjid, Sari Puspa Dewi
Universitas Padjadjaran, Jurnal Bidan “Midwife Journal” Volume 2 No. 02, Juli 2016, pISSN 2477-3441 eISSN 2477-345X
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran, Jurnal Bidan “Midwife Journal” Volume 2 No. 02, Juli 2016, pISSN 2477-3441 eISSN 2477-345X
attitude, booklet, buklet, ceramah tanya jawab, Health education, knowledge, pengetahuan, Sikap
Pemahaman masyarakat yang terbatas mengenai kanker serviks merupakan penyebab mendasar perkembangan kanker serviks. Upaya untuk meningkatkannya perlu dilakukan melalui pendidikan kesehatan menggunakan media dan metoda yang efektif diantaranya buklet dan ceramah tanya jawab. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan pengetahuan dan sikap mengenai deteksi dini kanker serviks menggunakan buklet dan ceramah tanya jawab. Penelitian dirancang dengan pendekatan quasi eksperimen dengan control group pre and posttest design terhadap 124 responden. Analisis data menggunakan uji Mann Whitney, Wilcoxon dan Chi Kuadrat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buklet dan ceramah tanya jawab secara bermakna dapat meningkatkan pengetahuan dibandingkan ceramah tanya jawab saja (p<0,05). Pendidikan kesehatan melalui ceramah tanya jawab berisiko 1,538 kali menyebabkan pengetahuan rendah serta 2,5 kali mengarah kepada sikap negatif responden kelompok kontrol dibandingkan dengan kelompok yang diberikan buklet (p<0,05). Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa buklet dan ceramah tanya jawab berpengaruh lebih baik dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap ibu mengenai deteksi dini kanker serviks Limited understanding of public about cervical cancer is a fundamental cause development of cervical cancer. The efforts to improve can be done through health education using the effective media and methode.The purpose of this study was to analyze influence of health education using booklet on knowledge and attitudes towards the early detection of cervical cancer. This study used a quasi-experimental approach with control group pretest and postest design, conducted on 124 respondents. Data were analyzed using Mann Whitney, Wilcoxon and Chi Square Tests.The results showed that health education using booklet could improve knowledge and attitudes significantly in the treatment group than the control (p <0.05). Health education by interactive lecture alone was more risky to lower knowledge 1.538 times and tended to have a negative attitude 2.5 times greater in the control group than the booklet group (p<0.05). This study concluded that health education using booklet gives a better influence on improving knowledge and attitudes related to detection of cervical cancer.