Abstrak
Rancangan dan Uji Coba Modul yang Mengacu pada Prinsip-Prinsip Competitive Memory Training (COMET) untuk Meningkatkan Self esteem pada Remaja Putri Usia 13-15 Tahun Korban Perundungan Sosial
Evantrida Mailyza Musly
Universitas Padjadjaran
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran
adolescence, perundungan sosial (Relational bullying), Relational Bullying, remaja, self esteem
Perundungan sosial terjadi karena adanya ketidakseimbangan power dalam relasi pertemanan yang dipicu oleh isu mempertahankan popularitas dan peer status dalam kelompok pertemanan. Remaja putri yang terlihat lemah, tampak berbeda dibandingkan teman lainnya akan lebih mudah menjadi target perudungan sosial. Remaja putri korban perundungan sosial itu juga dikarakteristikan memiliki self esteem rendah yang menyebabkan ia terus berada dalam situasi perundungan. Salah satu upaya untuk mengatasi perundungan sosial adalah meningkatkan self esteem remaja putri korban perundungan sosial melalui intervensi Competitive Memory Training (COMET). Penelitian ini terdiri atas dua studi yaitu studi I berupa perancangan modul intervensi dengan mengacu pada prinsip-prinsip COMET dan Studi II berupa uji coba rancangan modul intervensi COMET. Subjek pada penelitian ini adalah 3 orang remaja putri berusia 13-15 tahun yang mengalami perundungan sosial minimal 6 bulan terakhir. Intervensi COMET diberikan secara berkelompok selama 8 sesi pertemuan serta kegiatan latihan mandiri dirumah selama 3-5 hari setiap sesinya. Hasil studi I diperoleh rancangan modul intervensi yang dapat diterapkan pada remaja putri korban perundungan sosial yang akan diuji cobakan pada studi II. Hasilnya menunjukan bahwa intervensi COMET dapat meningkatkan self esteem remaja putri korban perundungan sosial yang dapat dilihat secara kualitatif melalui pencapaian subjek setiap sesi dan secara kuantitatif melalui peningkatan skor global self worth dari kategori rendah menjadi tinggi setelah diberikan intervensi. Namun, pada subjek yang memiliki karakteristik personal dengan riwayat perundungan yang lebih lama (>1 tahun), perlu mempertimbangkan penggunaan metode dan durasi pelaksanaan COMET pada sesi tertentu supaya proses peningkatan self esteem dapat terjadi secara signifikan. Intervensi COMET dapat meningkatkan self esteem subjek melalui proses penguatan gambaran diri positif yang dilakukan dengan cara memanggil kembali informasi tentang gambaran diri positif yang terdapat di dalam memori positif secara terus menerus. Pada saat remaja putri korban perundungan sosial telah memiliki self esteem yang tinggi maka membuat mereka menjadi lebih berani dan percaya diri dalam menampilkan diri di lingkungan pertemanan. Sehingga kejadian perundungan sosial mulai berkurang.
Relational bullying is caused by unbalanced power in friendship relation triggered by issues of maintaining popularity and peer status in friendship groups. Female adolescences with weak and different appearances become the potential target of relational bullying. Those who were victims of relational bullying are also characterized by their low self esteem that limits their capibility to escape from this unexpected situation. One attempt to tackle this relational bullying can be conducted by improving the self esteem of bullied-female adolescences through the Competitive Memory Training (COMET) intervention. This research consists of two studies, in study I, the writer designed a module of potential interventions referring to COMET principles. In Study II, she tested the module of intervention COMET. The subjects in this study were three female adolescences with the age of 13-15 years old who were suffering from relationship bully within the last six months. The COMET intervention was given collectively in eight sessions. The subjects were required to do individual practical activities at home for 3-5 days in each session The result of the first study was a design of COMET intervention module for relational bullied-female adolescences which was applied in the next phase of this study. In the second study, COMET interventions can improve self esteem of these bullied-female adolescences that can be seen qualitatively through the achievement of each session subject and quantitatively through increasing self-worth global score from low to high after being given intervention. However, on subjects with personal characteristics with longer history of bully (> 1 year), it is necessary to consider the use of COMET methods and duration at a given session in order for the self esteem enhancement process to occur significantly. COMET interventions can improve the subject’s self-esteem through a process of reinforcing the positive self-image performed by recalling information about the positive self-image stored in positive memory continuously. Those bullied female adolescences who have gained high self- esteem will be more confidence and brave enough to expose themselves in friendship environment. They will be able to reduce their chance to be re-bullied again by others.