Abstrak
Pelatihan Respond to Attention Bids (RtoAB) Pada Ibu yang Memiliki Anak dengan Autism Spectrum Disorder
Aida Yuni Kusumawardani, Prof. Dr. Juke R. Siregar, M.Pd., Fitri Ariyanti Abidin, M.Psi.
Universitas Padjadjaran
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran
Autism Spectrum Disorder, designing, ibu, Mothers, pelatihan, Perancangan, responding joint attention, Training
Responding joint attention (RJA) pada anak dengan Autism Spectrum Disorder (ASD) tidak berkembang normal atau mengalami defisit. Padahal kemampuan RJA ini dapat diajarkan pada anak dengan ASD sehingga proses belajar yang melibatkan interaksi dengan lingkungan dapat berjalan sebagaimana mestinya. Ibu sebagai salah satu pengasuh utama anak mempunyai peran besar dalam mengajarkan RJA. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh dan melaksanakan pelatihan Respond to Attention Bids (RtoAB) yang dapat meningkatkan pengetahuan ibu mengenai cara mengajarkan RJA menggunakan teknik discrete trial training (DTT) pada anak dengan ASD usia 3 – 6 tahun. Pencapaian akhir dari pelatihan ini adalah ranah kognitif tingkat aplikasi, yaitu ibu mampu menerapkan pengetahuan cara mengajarkan RJA menggunakan teknik DTT. Pelatihan dirancang menggunakan pendekatan instructional design dan kemudian diujicobakan kepada seorang ibu yang memiliki anak dengan ASD usia 5 tahun. Hasilnya berupa rancangan pelatihan RtoAB dan selanjutnya diimplementasikan kepada seorang ibu yang memiliki anak dengan ASD usia 6 tahun menggunakan pendekatan kuasi eksperimen dengan desain single subject pretest-posttest. Pelatihan dilakukan selama tiga pertemuan yang berdurasi 3 – 4 jam per pertemuannya. Untuk melihat peningkatan pengetahuan ibu, digunakan alat ukur berbentuk kuesioner yang mencakup materi tentang ASD, JA, RJA, teknik DTT, dan cara mengajarkan RJA menggunakan teknik DTT. Hasilnya adalah subjek mengalami penambahan pengetahuan mengenai pengertian, jenis, dan bentuk perilaku JA; tingkatan, bentuk perilaku, dan tahap pengajaran RJA; komponen dan langkah penerapan teknik DTT; serta cara mengajarkan RJA menggunakan teknik DTT.
Responding joint attention (RJA in children with Autism Spectrum Disorder (ASD) doesn’t develop normally or it undergoes a deficit. RJA can be taught to children with ASD so their learning process that involving interaction with environment can proceed as it should. Mothers, as one of the main caregivers, have an immense role in teaching RJA. This study aims to obtain and implement the Respond to Attention Bids (RtoAB) training program that can increase the mothers’ knowledge on how to teach RJA using discrete trial training (DTT) technique to children with ASD, aged 3-6 years old. The goal of this training is the cognitive domain in application level, where the mothers are able to apply their knowledge on teaching RJA using DTT technique. The training was designed using instructional design approach and then tested to a mother who has a 5 years old child with ASD. The results were in the form of RtoAB training design and implemented to a mother who has a 6 years old child with ASD using a quasi-experimental approach. The training was carried out in three sessions, with the duration of 3 – 4 hours each. The instrument used for measuring the increase of the mother’s knowledge is a questionnaire covering material on ASD, Joint Attention (JA), RJA, DTT technique, and how to teach RJA using DTT technique. The result showed that participant’s increased in knowledge on JA, RJA, DTT technique, and how to teach RJA using DTT technique.