Abstrak
Rancangan Pelatihan untuk Meningkattkan Pengetahuan Instruktur Dolphin-Assissted Activity (DAA) dalam Membangun Responding Joint Attention (RJA) Anak Autism Spectrum Disorder (ASD) menggunakan prinsip-prinsip Discreate Trial Training (DTT)
Paramita Aristi, Dr. Poeti Joefiani, M.Si., Psikolog., Esti Wungu, S.Psi., M.Ed., Psikolog.
Universitas Padjadjaran
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran
discrete trial training, Dolphin-Assisted Activity, Instructor, instruktur, pelatihan, responding joint attention, Training
Autism Spectrum Disorder (ASD) merupakan gangguan perkembangan dengan ciri utama adanya hambatan dalam komunikasi dan interaksi sosial serta adanya, perilaku, minat/ketertarikan, dan aktivitas yang terbatas. Salah satu defisit yang tampak pada anak ASD dalam hambatan komunikasi dan interaksi sosial yaitu kurangnya kemampuan Responding Joint Attention (RJA). RJA adalah kemampuan dalam merespons ajakan orang lain untuk bersama memperhatikan objek, kejadian, atau orang ketiga. Discrete Trial Training (DTT) merupakan salah satu metode untuk melatih kemampuan RJA anak ASD. DTT merupakan latihan dengan pengulangan dan pemecahan tugas yang dibagi menjadi kecil serta pemberian instruksi yang spesifik dan singkat sehinga sesuai untuk melatihkemampuan RJA anak ASD yangmemiliki kebutuhan latihan dengan tugas yang sederhana dengan instruksi yang singkat. Salah satu intervensi psikologis bagi anak ASD yang bersifat komplementer (pelengkap) adalah Dolphin-Assisted Activity (DAA) (NCCAM, 2007).Bentuk kegiatan dalam DAA banyak menghadirkan aktifitas yang menjalin interaksi anak ASD dengan instruktur DAA, dan dolphin. Melalui observasi kegiatan DAA bagi anak ASD dan wawancara dengan para instruktur DAA di The Sea, Jawa Tengah diketahui bahwa instruktur kurang memiliki pengetahuan mengenai Autism Spectrum Disorder (ASD) dan cara yang tepat untuk membangun Responding Joint Attention (RJA) anak ASD. Melalui penelitian ini peneliti akan merancang program pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan instruktur DAA dalam membangun RJA anak ASD menggunakan prinsip-prinsip DTT. Rancangan modul pelatihan akan diberikan kepada para instruktur DAA di The Sea, Jawa Tengah. Penyusunan materi dan kuesioner pengetahuan instruktur DAA berdasarkan teori mengenai Autism Spectrum Disorder (Feldmar, 2016), Responding Joint Attention(Zimmer, 2013), dan prinsip-prinsip Discrete Trial Training (de Boer, 2007). Hasil penelitian ini berupa rancangan pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan instruktur DAA dalam membangun RJA menggunakan prinsip-prinsip DTT yang sudah divalidasi.
Autism Spectrum Disorder (ASD) is a development impedement whose main characteristics include hindered communication and social interaction as well as limited behaviour, interest, and activity. One of the noticeable deficiencies in children with ASD in impeded communication and social interaction is the lack of ability in Responding Joint Attention (RJA). RJA is the ability of a person to respond to another person inviting them to observe an object, an event, or a third person. Discrete Trial Training (DTT) is a method which trains RJA in children with ASD. DTT is a training method with repetition and division of large tasks into smaller tasks along with specific and succinct instructions in order to train the RJA ability of children with ASD, who need training through simple tasks and direct instructions. One form of psychological intervention for children with ASD, which is complementary to other methods, is Dolphin-Assisted Activity (DAA) (NCCAM, 2007). The activities in DAA largely take the form of interaction between children with ASD, the DAA instructor, and dolphins. After observing DAA activities for children with ASD and interviewing DAA instructors in The Sea, Central Jawa, it was discovered that the instructor did not have very much knowledge of ASD, nor the right way to develop RJA in children with ASD. Through to this research, the researcher will design a training program to improve the knowledge of DAA instructors of developping RJA in children with ASD, using DTT principles. The design of training modules will be given to the DAA instructors in The Sea, Central Jawa. The compilation of material and knowledge questionnaires for the DAA instructors is based on theories about Autism Spectrum Disorder (Feldmar, 2016), Responding Joint Attention (Zimmer, 2013), and the principles of Discrete Trial Training (de Boer, 2007). The research results will inform the design of training to improve the knowledge of DAA instructors in devlopping RJA, using the already validated principles of DTT.