Abstrak
Analisis Pemasaran Buah Manggis (Garcinia mangostana L.) (Studi Kasus Pada Kelompok Tani Kridamulya Desa Sukamulya Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis)
Iyan Maulana, Dini Rochdiani, Djafar Shiddiq
Universitas Padjadjaran, Jurnal Ilmiah Mahasiswa AGROINFO GALUH Volume 1 Nomor 3, Mei 2015
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran, Jurnal Ilmiah Mahasiswa AGROINFO GALUH Volume 1 Nomor 3, Mei 2015
kelompok tani, Manggis, pemasaran
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) saluran pemasaran buah manggis (2) besarnya marjin pada masing – masing lembaga pemasaran (3) besarnya keuntungan pada masing – masing lembaga pemasaran buah manggis (4) besarnya bagian harga yang diterima petani (farmer’s share) buah manggis. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode survai. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling, dipilih secara sengaja dengan alasan hanya satusatunya Kelompok Tani yang melakukan usahatani manggis di Desa Sukamulya Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis dengan jumlah anggota 32 orang. Sedangkan untuk sampel lembaga pemasaran diambil dengan cara Snowball Sampling diperoleh satu orang ketua kelompok tani, satu orang pedagang pengumpul dan tiga orang pedagang pengecer. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Terdapat satu saluran pemasaran buah manggis dari Kelompok Tani Kridamulya Desa Sukamulya Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis. 2) Besarnya marjin pemasaran di kelompok tani sebesar Rp. 50,00 per kilogram, di pedagang pengumpul sebesar Rp. 1.500,00 per kilogram dan di pedagang pengecer sebesar Rp. 1.500,00 per kilogram. 3) Besarnya keuntungan pemasaran yang diperoleh kelompok tani yaitu sebesar Rp. 30,00 per kilogram, pedagang pengumpul sebesar Rp. 750,00 per kilogram, dan pedagang pengecer sebesar Rp. 741,84 per kilogram. Besarnya bagian harga yang diterima petani (farmer’sshare) adalah sebesar 61,87 persen.