Abstrak
Perancangan Dan Uji Coba Intervensi Penerapan Prinsip-prinsip Theraplay Untuk Menurunkan Skor Sibling Rivalry Pada Anak Middle Childhood
Miranda Novia, Poeti Joefiani, Langgersari Elsari N
Universitas Padjadjaran
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran
Middle Childhood, sibling relationship, Sibling Rivalry, theraplay
Adanya perbedaan perlakuan yang sadar atau tidak sadar orang tua lakukan terhadap anak dapat memicu munculnya rasa cemburu, persaingan, dan marah/kesal dalam diri anak. Terutama ketika anak berada dalam usia middle childhood yang peka terhadap penilaian atas kemampuan dirinya. Persepsi anak bahwa ada perbedaan perlakuan yang orang tua lakukan terhadap dirinya dan adik dapat menjadi faktor tingginya sibling rivalry pada anak. Dirancanglah suatu intervensi untuk menurunkan sibling rivalry pada anak yaitu dengan menggunakan prinsip-prinsip theraplay. Kualitas dari interaksi orangtua dan anak memegang perang penting dalam perkembangan attachment yang secure pada anak. Tesis dengan desain penelitian single-subject inu mengunakan theraplay untuk meningkatkan kualitas dari interaksi oeangtua dan anak sekaligus mengatasi insecure attachment. Partisipan penelitian adalah anak laki-laki berusia delapan dan sepuluh tahun dengan karekteristik mengalami sibling rivalry. Sesi terapi dilakukan sebanyak enam sesi selama ±30 – 40 menit setiap sesinya. Hasil yang diperoleh adalah penerapan theraplay efektif meningkatkan relasi ibu dan secara positif, sekaligus membangun secure attachment pada anak. Perubahan positif pada interaksi orangtua dan anak teramati melalui tiga empat dimensi dalam MIM yaitu : (1) engagement, (2) nurture, (3) structure dan (4) challenge, sehingga diiringi dengan penurunan skor sibling rivalry pada anak Peningkatan kemampuan ibu dalam merespon anak, membangun hubungan yang hangat dengan anak, dan juga memberi perintah yang efektif ketika berinteraksi dengan anak di kesehariannya membuat anak merasa memiliki hubungan yang secure dengan ibu dan membuat anak merasa lebih diperhatikan dan disayang. Sehingga kecemburuan, persaingan, dan rasa marah/kesal pada adik berkurang.
Any difference in the treatment that the conscious or unconscious parents do to the child can trigger the emergence of jealousy, competition, and resentment. Especially when child is in middle chidhood, who is sensitive about the assessment of his ability. Children’s perception of the parent’s differences treatment (toward themselves and his/her younger siblings) can be a factor of high level of sibling rivalry. An intervention was designed to decrease sibling rivalry using theraplay. Quality of parent-child interaction plays a very important factor in the development of secure attachment in children. This thesis examined the effectiveness of theraplay to improve the quality of parent-child interaction using a single-subject research design. A eight and ten -year old Indonesian boys with of sibling rivalry problem. The study was conducted for a total of six sessions, and each session was conducted for approximately 30-40 minutes. The result indicated that theraplay was found to effective in improving positive parent-child relation and in developing secure attachment. As parent-child interactional improved, that were measured from dimensions’MIM between parent and child increased: (1) engagement, (2) nurture, (3) structure dan (4) challenge, by decreased sibling rivalry score in children. Increased mother’s ability to respond to their children, builing a warm relationship with children, also giving effective command in intervension session and in their daily life make children feel a secure about their relationship with his/her mother, and make children feel more loved by mother. Their perception change, so we can see that jealousy, competition, and resentment towards younger siblings reduced.