Abstrak
Strategi Penetrasi Penggunaan Internet Pada Usaha Kecil Menengah Agroindustri Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pelaksanaan E-commerce (Studi Kasus : AIKMA Kota Bandung) (Strategy Penetration Use Internet On SMES Agro Industry As An Effort To Improve The Quality Of Implementation Of E-commerce Case Studies On AIKMA Bandung)
Ananty Kurnillah Putri, Dwi Purnomo, Totok Pujianto
Universitas Padjadjaran, Prosiding Seminar Nasional Informatika Pertanian 2013 “peran Teknologi Informasi Dalam Menghadapi Pasar Global China-ASEAN 2015”,09-10 Oktober 2013 Seameo-Biotrop IPB Bogor, Jawa Barat, ISBN :978-602-95366-1-4, Diterbitkan oleh : Himpunan Informatika Pertanian Indonesia (HIPI)
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran, Prosiding Seminar Nasional Informatika Pertanian 2013 “peran Teknologi Informasi Dalam Menghadapi Pasar Global China-ASEAN 2015”,09-10 Oktober 2013 Seameo-Biotrop IPB Bogor, Jawa Barat, ISBN :978-602-95366-1-4, Diterbitkan oleh : Himpunan Informatika Pertanian Indonesia (HIPI)
e-commerce, internet, Strategi, swot, usaha kecil menengah
Penggunaan internet di era globalisasi saat ini berkembang sangat pesat, dikarenakan internet merupakan alat dan cara untuk memudahkan manusia dalam bekerja dan mencari informasi. Internet merupakan salah satu kebutuhan bagi masyarakat Indonesia saat ini, terlebih lagi jika diterapkan ke dalam pengembangan usaha di UKM dikarenakan memudahkan pelaku usaha dalam mempublikasikan produk, memasarkan, bereksplorasi, maupun berkomunikasi dengan konsumen. Oleh karena itu UKM di Indonesia sebaiknya menerapkan penggunaan internet dalam membantu berbagai kegiatan guna mempercepat pertumbuhan demi mencapai keunggulan kompetetif. Pada penelitian ini dilakukan analisa terlebih dahulu mengenai perilaku dan karakteristik dari pelaku usaha maupun konsumen menggunakan metode survei dengan kuesioner, yang mana penentuan sampel populasi sebanyak 30 orang pelaku usaha menggunakan purposif sampling dan 230 orang konsumen menggunakan slovin. Metode survei dilakukan untuk mendapatkan faktor internal yaitu kekuatan dan kelemahan dari perusahaan serta faktor eksternal yaitu ditinjau dari peluang dan ancaman dari konsumen yang kemudian akan diterapkan ke dalam metode SWOT untuk pemetaan dan penentuan strategi dalam upaya peningkatan mutu pelaksanaan e-commerce. Dari strategi yang didapatkan diharapkan dapat lebih meningkatkan mutu dalam pelaksanaan e-commerce yang akan diterapkan di dalam UKM guna untuk membantu dan memudahkan berbagai kegiatan.