Abstrak RSS

Perbedaan Tingkat Stres Sebelum Dan Sesudah Terapi Musik Pada Kelompok Remaja Di Panti Asuhan Yayasan Bening Nurani Kabupaten Sumedang

Perbedaan Tingkat Stres Sebelum Dan Sesudah Terapi Musik Pada Kelompok Remaja Di Panti Asuhan Yayasan Bening Nurani Kabupaten Sumedang
Irma Rahmawati, Hartiah Haroen, Neti Juniarti
Unpad
Indonesia
Unpad
,

Remaja merupakan masa peralihan antara masa anak dan dewasa dimana pada masa ini terjadi perubahan – perubahan fisik yang pesat, timbulnya perubahan dalam perilaku dan kebutuhan seksual, terjadinya perubahan dalam harapan dan tuntutan masyarakat terhadap remaja. Perubahan – perubahan ini merupakan stressor yang dapat menyebabkan stres bagi remaja. Salah satu metode untuk mengatasi stres yaitu dengan terapi musik.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat stres sebelum dan sesudah terapi musik pada kelompok remaja di panti asuhan Yayasan Bening Nurani Kabupaten Sumedang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling dengan jumlah responden 30 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre eksperimen yang termasuk ke dalam pre test dan post test one group design. Analisa data statistik yang digunakan adalah Wilcoxon Match Pairs Test. Pengumpulan data dilakukan pada saat sebelum dan sesudah diberikan terapi musik dengan menggunakan Instrumen DASS 42 yang dikembangkan oleh Lovibond dan Lovibond (1995) yang dijadikan alat ukur item stresnya dan telah dimodifikasi disesuaikan dengan kondisi remaja.

Berdasarkan hasil penelitian, terdapat perbedaan tingkat stres responden sebelum dan sesudah diberikan terapi musik. Dari hasil Uji Wilcoxon untuk tingkat stres sebelum dan sesudah terapi musik pada hari pertama dan hari kedua didapat hasil nilai signifikansi 0,000 yang lebih kecil dari á = 0,05. Perbedaan yang dapat dilihat adalah terjadinya penurunan jumlah responden pada hari pertama tingkat stres sedang 17 orang (56,67%), tingkat stres ringan 10 orang (33,33%), dan normal 2 orang (6,67%). Sedangkan pada hari kedua tingkat stres sedang 10 orang (33,33), tingkat stres ringan 12 orang (40%), dan normal 6 orang (20%).

Dari penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan kepada perawat, pengelola panti asuhan, dan penelitian yang lain sehingga dapat mengatasi stres pada remaja.

Download: pdf