Abstrak RSS

Upaya Peningkatan Kualitas Tumbuh Kembang Anak

Upaya Peningkatan Kualitas Tumbuh Kembang Anak
dr. Nia Kania, SpA, Mkes
Unpad
Indonesia
Unpad
, ,

Memiliki anak sholeh, sehat, dan cerdas adalah dambaan setiap orang tua. Untuk mewujudkannya tentu saja orang tua harus selalu mempehratikan, mengawasi, dan merawat anak secara seksama , khususnya memperhatikan pertumbuhan dan perkembangannya. Alangkah bahagianya tatkala kita dan pasangan kita dikaruniai seorang bayi. Namun di balik kebahagiaan yang kita peroleh itu, kita sebenarnya mengemban sebuah tanggung jawab besar yaitu bagaimana kita merawat dan membesarkan bayi kita sehingga kelak tumbuh dan berkembang menjadi seorang anak yang sehat jasmani maupun rohani.

Proses tumbuh kembang sangat terkait dengan faktor kesehatan, dengan kata lain hanya pada anak yang sehat dapat diharapkan terjadi proses tumbuh kembang yang optimal. Meskipun proses tumbuh kembang anak berlangsung secara alamiah, proses tersebut sangat tergantung kepada orang dewasa atau orang tua. Pada tahap awal kehidupan manusia terutama pada masa balita, merupakan masa yang kritis yang akan menentukan kemampuan intelektual, sikap, nilai dan pola perilaku seseorang di kemudian hari. Pada masa periode kritis ini, tumbuh kembang anak baik fisik, mental dan sosial akan terwujud bila mendapatkan stimulasi dan perawatan yang tepat.

Untuk bisa merawat dan membesarkan anak secara maksimal tentu kita perlu mengetahui banyak hal yang berkaitan dengan anak itu sendiri, yang pada gilirannya akan menjadi bekal yang sangat berharga bagi kita dalam merawat dan membesarkan buah hati kita.

Download: pdf