Abstrak RSS

Pengaruh Jenis Dan Waktu Tanam Tanaman Musuh Untuk Mengendalikan Globodera Rostochiensis

Pengaruh Jenis Dan Waktu Tanam Tanaman Musuh Untuk Mengendalikan Globodera Rostochiensis
Prof.Dr.H. Sadeli Natasasmita, Ir. dan Toto Sunarto, Ir.,Mp.
Unpad
Indonesia
Unpad
, ,

Nematoda Sista Kentang (G. rostochiensis Woll.) merupakan salah satu patogen utama pada tanaman kentang yang dapat menimbulkan kerugian baik kualitas maupun kuantitas hasil tanaman kentang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan waktu tanam Tagetes erecta, dan Crotalaria striata yang tepat untuk mengendalikan G. rostochiensis pada tanaman kentang di lapangan.

Penelitian menggunakan metode percobaan dengan Rancangan Acak Kelompok. Penelitian terdiri dari dua unit percobaan. Percobaan pertama adalah Waktu tanam Tagetes erecta terdiri dari 7 perlakuan dan 4 ulangan meliputi : penanaman T. erecta pada 2, 4, 6, 8 dan 10 minggu sebelum tanam kentang, Karbofuran 2g/tanaman dan kontrol (tanpa tanaman T. erecta hanya tanaman kentang). Percobaan kedua adalah Waktu tanam Crotalaria striata terdiri dari 7 perlakuan dan 4 ulangan meliputi : penanaman C. striata pada 2, 4, 6, 8 dan 10 minggu sebelum tanam kentang, Karbofuran 2g/tanaman dan kontrol (tanpa tanaman C. striata hanya tanaman kentang).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa waktu tanam Tagetes erecta , dan Crotalaria striata yang tepat untuk mengendalikan Globodera rostociensis pada tanaman kentang di lapangan adalah 10 minggu sebelum tanam kentang.

Waktu tanam T. erecta 10 minggu sebelum tanam kentang dapat mengakibatkan jumlah larva II G. rostochiensis dalam 100 ml tanah sebesar 21,25 ekor (penekanan 92,54 %), jumlah sista G. rostochiensis dalam 100 ml tanah sebesar 5,5 buah (penekanan 92,74 %), dan jumlah nematoda betina G. rostochiensis yang menempel pada akar sebesar 1,50 ekor (penekanan 76 %).

Sedangkan waktu tanam C. strita 10 minggu sebelum tanam kentang dapat mengakibatkan jumlah larva II G. rostochiensis dalam 100 ml tanah sebesar 25,75 ekor (penekanan 91,29 %), jumlah sista G. rostochiensis dalam 100 ml tanah sebesar 9,25 buah (penekanan 88,43 %), dan jumlah G. rostochiensis betina yang menempel pada akar sebesar 1,35 ekor (penekanan 78,46 %).

Download: pdf