Abstrak
Peningkatan Kualitas Kemampuan Kognitif Anak Putus Sekolah di Kawasan Jatinangor
Dr. Stanley P. Dewanto, Dr. H. Sudradjat, MS., Dr. Diah Chaerani, M.Si, dan Firdaniza, M.Si
Unpad
Indonesia
Unpad
akademis anak, anak putus sekolah, anak-anak, pendidikan anak, potensi IQ
Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan kognitif anak putus sekolah di kawasan Jatinangor. Duapuluh anak berusia 12-15 tahun dari empat desa (Jatiroke, Cibeusi, Cilayung, dan Hegar Manah) menjadi subyek penelitian. Pertemuan dimulai dengan ceramah motivasi, dilanjutkan dengan tes potensi-IQ dari tim psikologi. Tahap berikutnya adalah pembelajaran Matematika Praktis dan Pengetahuan Komputer Dasar. Meskipun hasil tes potensi-IQ dari anak-anak ini tidak menggembirakan, kemauan mereka untuk belajar masih tinggi, terlihat dari interaksi mereka dengan instruktur dan asisten, di samping semangat dan antusias mereka. Lepas dari ketidakmampuan orang tua mereka memberikan pendidikan yang baik, apabila diberi kesempatan, anak-anak putus sekolah ini masih sangat dapat ditingkatkan kemampuan akademis dan keterampilannya.
This research aims to improve the cognitive ability of dropout students in Jatinangor area. Twenty children aged 12-15 year from four villages (Jatiroke, Cibeusi, Cilayung, dan Hegar Manah) are the subjects of this research. The session starts with a presentation of motivation, and then a potential/IQ test follows conducted by a psychology team. Next, these children study Practical Mathematics and Basic Computer Knowledge. Eventhough the potency-IQ test is poor, these children have a high motivation to study, as well as their spirit and enthusiasms, shown by their interaction with the instructors and assistants. In spite of their parents’ incapability in providing them good education, will there be opportunities, is very possible in improving their academic capabilities and their skills as well.