Abstrak RSS

Keterampilan Komunikasi Interpersonal Bagi Pustakawan

Keterampilan Komunikasi Interpersonal Bagi Pustakawan
Dra. Neneng Komariah, M.Lib
Unpad
Indonesia
Unpad
, ,

Perpustakaan merupakan institusi yang menyediakan jasa layanan informasi, sehingga kegiatan pelayanan merupakan ujung tombak kegiatan perpustakaan. Kualitas layanan perpustakaan sangat dipengaruhi oleh kualitas pustakawan sebagai pelaksana. Kualitas pustakawan ditentukan oleh latar belakang pendidikan (keahlian), kepribadian dan kemampuan berkomunikasi. Keterampilan komunikasi interpersonal sangat penting bagi pustakawan, karena dalam kegiatan layanan informasi pustakawan berhadapan langsung dengan para pengguna perpustakaan atau pencari informasi. Mengacu pada keterampilan komunikasi interpersonal yang dikemukakan oleh DeVito, berdasarkan Humanistic Model dan Pragmatic Model, juga dengan memperhatikan situasi dan kondisi kegiatan di perpustakaan, maka keterampilan komunikasi interpersonal yang harus dimiliki pustakawan adalah: empathy, supportiveness, positiveness, equality, confidence, immediacy, interaction management. Disamping itu seorang pustakawan juga harus memiliki kemampuan mendengarkan yang baik.

Download: pdf