Abstrak RSS

Manajemen Komunikasi Bidan Delima Kota Bandung

Manajemen Komunikasi Bidan Delima Kota Bandung
Saleha Rodiah
Unpad
Indonesia
Unpad
, , , , , , ,

Tuntutan profesi sebagai bidan praktik swasta (BPS) berpredikat bidan delima memerlukan kemampuan berkomunikasi secara verbal dan nonverbal, serta mampu mengelola kesan positif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui motif BPS dalam mengikuti program bidan delima, konsep diri setelah menjadi bidan delima, pengelolaan komunikasi secara verbal dan nonverbal, dan nilai kompetensi komunikasi bidan delima.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan perspektif fenomenologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengelolaan komunikasi dilakukan terhadap anggota tim dan kliennya, dalam bentuk komunikasi intrapersonal dan interpersonal secara verbal dan nonverbal. Komunikasi verbal yang dilakukan bidan delima informan dengan anggota timnya secara lisan, berupa penggunaan bahasa daerah, celetukan/komentar, pemberitahuan, teguran, dan motivasi, sedangkan komunikasi nonverbalnya, berupa ekspresi wajah, sentuhan dan penggunaan waktu. Bidan delima informan melakukan komunikasi verbal dengan kliennya secara lisan, berupa pemilihan penggunaan bahasa, sapaan, penjelasan, pemberitahuan, dan informasi, untuk simbol komunikasi nonverbal yang digunakan dengan kliennya adalah dalam bentuk penampilan fisik (pakaian), ekspresi wajah, bentuk sentuhan, jadwal waktu praktik, tanda status dan kompetensi, serta papan identitas. Nilai kompetensi komunikasi bidan delima informan diperkaya oleh konsep diri positif bidan delima informan, pengalaman, dan etika kebidanan. Hasil penelitian tersebut dapat dibuat sebuah model pengelolaan komunikasi bidan delima.

To become a private midwife with the title of bidan delima, one’s should be able not only to communicate both in verbal and nonverbal communication but also able to manage a positive impression management. The study is conducted in qualitative method by perspective of phenomenology and it is aimed to know about bidan delima’s effort in managing communication act. The result of study has shown midwives and their clients performed the communication management in form of interpersonal and intrapersonal communication both in a verbal and nonverbal manner. Then, in forms of verbal communication, the informants used mother tongue, informal language, warnings, greetings and motivation. While in forms of nonverbal communication, the informants performed body gesture, touch, and time management. Moreover, the bidan delima performed their verbal communication mostly in spoken language, and as the symbols of their nonverbal communication towards their client, they performed face expression, touch, time schedule, status mark, competition, and identification board. The other result of the study has shown that in terms of the bidan delima’s value of communication competence, the informants have enriched their value by adding ethics, experiences, and positive self-concepts into their communication act. Therefore, based on the result above, the author created a model of bidan delima’s communication management.

Download: pdf