Abstrak RSS

Pengaruh ‘Pengenalan Nada Dalam Lagu’ Terhadap ‘Kecepatan Penguasaan Lagu Sederhana Tertulis Dalam Not Balok Yang Dimainkan Di Piano’

Pengaruh ‘Pengenalan Nada Dalam Lagu’ Terhadap ‘Kecepatan Penguasaan Lagu Sederhana Tertulis Dalam Not Balok Yang Dimainkan Di Piano’
Rouli Lidya Priscilla, Wilis Srisayekti, Marisa F. Moeliono
Unpad
Indonesia
Unpad
, , , , ,

Penelitian eksperimental mengenai metode pengajaran musik melalui instrumen piano ini, dilakukan untuk melihat apakah pengenalan nada dalam lagu’ berpengaruh terhadap kecepatan penguasaan lagu sederhana yang tertulis dalam not balok. Dalam taraf kepercayaan 95%, hasil dari enam orang subjek penelitian memperlihatkan bahwa pengenalan nada dalam lagu meningkatkan kecepatan subjek dalam menguasai lagu sederhana yang tertulis dalam not balok. Ditemukan adanya perbedaan individual dalam proses belajar yang ditandai dengan perbedaan waktu yang dibutuhkan untuk dapat menguasai lagu, dan perbedaan jumlah kesalahan yang dilakukan dalam proses menguasai lagu. Hasil penelitian menegaskan metode pengajaran musik yang mendahulukan pengenalan bunyi sebelum mengajarkan tanda-tandanya.

This experimental research on the music teaching method on the piano, was intended to investigate the effect of ‘a song formed-pitch introduction’ on the speed of mastering a simple-song-written in a score. In 95% significant level, the results from six subjects showed that the song formed-pitch introduction increases the speed of mastering a simple-song-written in a scored. There was individual differences in the learning process indicated by the differences of the time needed to master the song, and by the differences amount of mistakes in the process of mastering the song. The results confirmed the music teaching method so-called ‘the sound before the sign’.

Download: doc