Abstrak
Persepsi Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Di Instalasi Radiologi Rsgm Fkg Unpad
Ria N Firman, Drg., Sp.Rkg , Lusi Epsilawati, Drg
Unpad
Indonesia
Unpad
kualitas pelayanan, patient's perception, persepsi pasien, quality of radiography examination service
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kulitas pelayanan yang diberikan kepada pasien di instalatasi Radiologi FKG Unpad. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskristif dengan metode Survey. Sampel sebanyak 30 orang diperoleh secara purposive sampling. Berdasarkan dimensi kualitas pelayanan yang diukur, hasil penelitian awal menunjukkan nilai persepsi pasien terhadap masing-masing dimensi memiliki kategori baik. Nilai persentase yang diperoleh untuk dimensi penampilan fisik adalah 65,78 %, dimensi empati 80,67%, dimensi reabilitas 76%, dimensi responsif 68,67%, dimensi jaminan 78% dan kenyamanan 53,3%. Dapat disimpulkan bahwa persepsi pasien tedapat keenam dimensi yang diukur, kualitas pelayanan yang diberikan di Instalasi Radiologi FKG Unpad adalah baik.
The aim of this research was to describe the quality of radiography examination service at radiology department. This research was descriptive research by using survey methode. The sample was taken by purposive sampling which consisted of 30 respondents. Based on noun dimension of service quality, the result of this early research revealed that the score of patient’s perception level to each dimension has good category, which was 65.78 % for the tangibles, 80.67 % for emphaty, 76 % for reability, 68.67 % for responsiveness, 78 % f or assurance and 53.3 % for camforbility.The conclusion of this research was the patient’s perception to all dimension of this service quality is good.