Abstrak
Analisis Penerapan Marketing Value
M.Yunus Amar, Konde Pagau Alexander
Unhas, UKIP Makassar
Indonesia
Unpad
customer satisfaction, kepuasan konsumen, Marketing value
Marketing value merupakan sebuah paradigma pemasaran yang banyak diterapkan oleh perusahaan, baik perusahaan manufakturing maupun perusahaan jasa, untuk memenangkan persaingan merebut pasar konsumen. Marketing value yang dibangun oleh perusahaan melalui merek, pelayanan, dan proses. Penelitian ini menitikberatkan pada sejauh mana implementasi marketing value oleh suatu perusahaan distributor Motor Yamaha pada konsumennya dan bagaimana pula pengaruhnya terhadap kepuasan konsumennya yang berada di Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan menggunakan metode survei dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data. Kuesioner disusun dengan kualifikasi skala Likers. Sampel data dari populasi menggunakan Stratified sampling. Metode Analisis Jalur digunakan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh marketing value terhadap tingkat kepuasan konsumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1), perusahaan ini menerapkan variabel marketing value melalui : merek, pelayanan, dan proses denga baik; (2), variabel marketing value (mereka, pelayanan, dan proses) berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat kepuasan konsumennya.
Marketing value is a new marketing paradigm in which many firms applies it to make competitive strategy. Marketing value consist of values that built by firms through mark, sevices, and process. This paper focuses on implementing marketing value and its impact on consumers’ satisfaction at a study case in Motor Yamaha’s consumers at Makassar city region. This reseach uses survey method and stratified sampling as sample method. Path Analysis Method is used to know how effect of marketing value on customers satisfaction. The result show that (1) implementing marketing value that through mark, services, and process value by the firm is very good; (2) the marketing value in the firms affects on customers’ satisfaction.
Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi : http://www.lppm.unpad.ac.id