Abstrak
Pengaruh Kompetensi Akuntan Pendidik, Etika Profesional Akuntan Pendidik Dan Proses Pengendalian Manajemen Terhadap Akuntabilitas Kinerja Akuntan Pendidik Serta Implikasi Terhadap Terjadinya Fraud Akademik Akuntan Pendidik (Survei Pada Akuntan Pendidik Di Lingkungan Kopertis Wilayah Ix Sulawesi)
Syamsu Alam
Unpad
Indonesia
Unpad
academic fraud, akuntabilitas, Etika Profesional, Fraud Akademik, Kompetensi akuntan pendidik, performance accountability, professional ethics, teaching accountant competencies
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji: 1) pengaruh kompetensi akuntan pendidik, etika profesional dan proses pengendalian manajemen terhadap akuntabilitas kinerja akuntan pendidik baik secara simultan maupun parsial; 2) pengaruh kompetensi akuntan pendidik, etika profesional, proses pengendalian manajemen dan akuntabilitas kinerja akuntan pendidik terhadap pencegahan terjadinya fraud akademik akuntan pendidik baik secara simultan maupun parsial di lingkungan Kopertis Wilayah IX Sulawesi. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei. Jumlah responden adalah 174 akuntan pendidik pada 27 PTS di lingkungan Kopertis Wilayah IX Sulawesi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner. Keabsahan dan keandalan hasil kuesioner diuji terlebih dahulu sebelum uji hipotesis dilakukan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan alat analisis menggunakan Struktural Equation Modelling (SEM) dengan program software Lisrel 8.70. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, diperoleh temuan penelitian sebagai berikut: 1) kompetensi akuntan pendidik, etika profesional dan proses pengendalian manajemen berpengaruh secara signifikan terhadap akuntabilitas kinerja akuntan pendidik baik secara simultan maupun parsial; 2) kompetensi akuntan pendidik, etika profesional, proses pengendalian manajemen dan akuntabilitas kinerja akuntan pendidik berpengaruh negatif secara signifikan terhadap terjadinya fraud akademik baik secara simultan maupun parsial pada Program Pendidikan Bisnis di lingkungan Kopertis Wilayah IX Sulawesi.
This research was intended to examined about: 1) the influence of academic competencies of teaching accountant, professional ethics and management control process simultaneously and partially on academic performance accountability of teaching accountant; 2) the influence of academic competencies teaching accountant, professional ethics management control process and performance accountability of teaching accountant simultaneously and partially on academic fraud in Kopertis IXth Region Sulawesi. The study was conducted by survey method. The amount of respondent was 174 respondents lecturers (teaching accountant) from 27 PTS in Kopertis IXth Region Sulawesi. The data used in this research were primary data collected by questioners. The validity and reliability of the data was tested before hypothesis testing. The analysis method used in this research was descriptive analysis with the analysis tool using the structural equation modeling (SEM) in Software Program Lisrel 8.70. Based on the results of data analysis and discussion, it was obtained the following research findings: 1) there are positive influence of academic competencies of teaching accountant, professional ethics and management control process simultaneously and partially on performance accountability of teaching accountant; 2) the influence of the academic competencies of teaching accounttant, professional ethics, management control process and performance accountability of teaching accountant simultaneously and partially on academic fraud are negative significant in Kopertis IXth Region Sulawesi.
Untuk Keterangan Lebih Lanjut Silahkan Menghubungi : http://cisral.unpad.ac.id