Abstrak RSS

Pengaruh Beta dan Likuiditas Saham Terhadap Tingkat Pengembalian Saham Pada Saham LQ 45 di Bursa Efek Jakarta Periode 2005-2006.

Pengaruh Beta dan Likuiditas Saham Terhadap Tingkat Pengembalian Saham Pada Saham LQ 45 di Bursa Efek Jakarta Periode 2005-2006.
Sulaeman Rahman Nidar, I Gede P. Adyatmika
Unpad
Indonesia
Unpad
,

Penelitian mengenai variabel-variabel penentu tingkat pengembalian saham yang banyak dilakukan umumnya menyimpulkan, bahwa risiko saham sebagai salah satu variabel penentu sangat mendominasi dalam setiap pertimbangan yang dilakukan oleh para investor dalam memutuskan untuk menginvestasikan dananya di pasar modal. Namun sebenarnya ada variabel penentu lain juga yang akan mempengaruhi tingkat pengembalian saham yang perlu dipertimbangkan pula, yaitu likuiditas saham. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menguji bagaimana pengaruh beta sebagai pengukur risiko sistematis dan likuiditas saham yang diukur dengan besarnya turnover rate secara parsial terhadap tingkat pengembalian saham di Bursa Efek Jakarta dan juga menguji bagaimana pengaruh beta dan likuiditas saham secara simultan terhadap tingkat pengembalian saham. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan beta dan likuiditas saham sebagai variabel bebas dan tingkat pengembalian saham sebagai variabel terikatnya. Data yang digunakan merupakan data sekunder. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukkan bahwa beta secara parsial berpengaruh signifikan terhadap tingkat pengembalian saham. Namun, likuiditas saham yang diukur dari besarnya turnover rate tidak mempengaruhi tingkat pengembalian saham secara signifikan. Sedangkan beta dan likuiditas saham secara simultan mempengaruhi tingkat pengembalian saham di Bursa Efek Jakarta secara signifikan.

Download: pdf.