Abstrak
Pengaruh Kualitas Layanan Perpustakaan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam (Studi Survey Pada Perpustakaan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pontianak)
Slamet Widodo
Unpad
Indonesia
Unpad
interaction quality., kualitas Layanan, perguruan tinggi, Perpustakaan
Perpustakaan perguruan tinggi merupakan organisasi yang bergerak dalam bidang jasa kependidikan. Identifikasi berbagai dimensi kualitas jasa penting untuk mendapat perhatian guna mencapai kepuasan mahasiswa sebagai pemustaka. Karena itu evaluasi tentang kualitas perlu dilakukan di perpustakaan perguruan tinggi untuk mengetahui apa yang sebenarnya diharapkan dan apa yang selama ini dipersepsikan oleh mahasiswa atas kualitas layanan perpustakaan yang telah mereka terima. Selain itu perlu pula diketahui dimensi kualitas jasa apa saja yang dapat mempengaruh terhadap kepuasan mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dimensi kualitas layanan sebagaimana yang dikemukakan Brady (2001) yakni interactin quality, physical environment quality dan outcome quality terhadap kepuasan. Hubungan tersebut dijelaskan baik secara global maupun secara parsial. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi mahasiswa mengenai kualitas layanan perpustakaan STAIN Pontiank secara rata-rata tergolong cukup baik. Tiga dimensi yang dikemukakan Brady secara keseluruhan dapat memprediksi kepuasan mahasiwa. Demikian pula secara parsial ternyata ketiga dimensi tersebut berpengaruh secara signifikan. Adapun dimensi yang berpengaruh paling besar terhadap kepuasan mahasiswa adalah interaction quality.
Library university is an organization in the field of education service. Identification of the aspects of service satisfaction is important noted in order satisfy students as its primary customer. Therefore, evaluation of its quality need to be conducted in the university to identify, what is expected and what is the perception of student to the service quality in addition, what aspects of quality that influence the student’s satisfaction are also needed to identify. This research was aimed to describing the effect many aspects of service quality and satisfaction help by Brady: interaction quality, physical environment quality, outcome quality and students’ satisfaction. The results of the research indicate that student’s perception on the quality of library STAIN Pontianak on overage, Mean while for its relation with satisfaction the tree aspects from Brady can be used to aspects that have satisfaction significantly. The most influencing aspect to the student’s satisfaction is interaction quality.
Untuk keterangan lebih lanjut silahkan menghubungi http://cisral.unpad.ac.id