Abstrak
Pengaruh Iklim Komunikasi Organisasi Dan Aliran Informasi Terhadap Kepuasan Anggota Melalui Pelaksanaan Pelayanan Pada Ikatan Pustakawan Indonesia The Influence Of Organizational Communication Climate And The Information Flow On Members Satisfaction By Service Application In Indonesian Librarian Association
Dr. Hj.Tine Silvana R.Dra. M.Si
Unpad
Indonesia
Unpad
komunikasi, pustakawan
Masalah yang menjadi kajian dalam penelitian ini adalah tentang Iklim Komunikasi Organisasi dan Aliran Informasi yang dikembangkan Ikatan Pustakawan Indonesia dalam Pelaksanaan Pelayanan dan pengaruhnya terhadap Kepuasan Anggotanya. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis; Sejauhmana pengaruh iklim komunikasi organisasi terhadap pelaksanaan pelayanan, pengaruh aliran informasi terhadap pelaksanaan pelayanan serta pengaruh pelaksanaan pelayanan terhadap kepuasan anggota Ikatan Pustakawan Indonesia.Penelitian ini menggunakan metode survei eksplanatori. dengan teknik pengumpulan data berupa angket, yang disebarkan kepada anggota IPI dari 26 Provinsi yang menjadi responden dengan jumlah sampel 158 orang. Data primer diperoleh dengan menggunakan angket yang dirancang sesuai dengan keperluan penelitian dan observasi. Data sekunder diperoleh melalui studi dokumentasi. Pengolahan data menggunakan metode successive interval. Untuk uji hepotesis digunakan model analisis jalur (Path Analysis Model).Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Iklim komunikasi organisasi berpengaruh secara signifikan terhadap pelaksanaan pelayanan; (2) Aliran informasi berpengaruh secara signifikan terhadap pelaksanaan pelayanan dalam lingkungan kerja IPI (3) Iklim komunikasi dan Aliran Informasi bersama-sama berpengaruh terhadap Pelaksanaan pelayanan yang diselenggarakan oleh IPI (4) Pelaksanaan Pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan anggota IPI.
The issues explored in this research is about The Organizational Communication Climate and Information Flow developed by Indonesian Librarian Association (IPI) in Conducting Services and Their Influences Toward their Member’s Satisfaction. This research is objected to analyses how far the climate has influenced the services given and the information flow’s influence towards the services and its influence on the members satisfaction of Indonesian Librarian Association (Ikatan Pustakawan Indonesia, abbreviated as IPI).This research uses explanatory survey method, while the data are gathered by questionnaire distributed to IPI members from 26 provinces as respondents with the sample of 158 persons. The primary data are gathered by distributing questionnaire which are specially designed for the research and observation. The secondary data are gained by documentation study. Its data are processed by using successive interval while its hypotheses are tested used is path analyses model.The results of the research show that: (1) Organizational Communication Climate significantly influences their services conducts; (2) The organization information flows significantly influence the services toward the working systems of IPI members, (3) The Communication climate and Information Flows collectively influence the services conducted by IPI, (4) The services conducts significantly influence the members’ satisfaction.