Abstrak RSS

Pengaruh Pelatihan E-Learning terhadap Motivasi Peserta dalam Penggunaan Metode E-Learning di Universitas Padjadjaran Bandung

Pengaruh Pelatihan E-Learning terhadap Motivasi Peserta dalam Penggunaan Metode E-Learning di Universitas Padjadjaran Bandung
Yanti Setianti, S.Sos., M.Si.
Unpad
Indonesia
Unpad
, , , ,

Peranan teknologi dalam dunia pendidikan semakin besar, hal ini dapat dilihat dengan adanya metode pembelajaran melalui program e-learning di perguruan tinggi, yaitu metode pengajaran dengan menggunakan media internet. Untuk itu setiap perguruan tinggi berupaya untuk melatih staf edukatifnya agar mampu menerapkan metode ini di dalam kelas, begitu juga di Universitas Padjadjaran Bandung.

Pelatihan e-learning diperkirakan dapat menumbuhkan motivasi dosen untuk menerapkan metode ini dalam proses belajar mengajar, untuk itu penelitian ini berupaya untuk mencari hubungan kausalitas di antara variabel yang diteliti. Peneltian ini menggunakan metode survei dan statistik uji menggunakan analisis jalur.

Dari pengolahan data diperoleh hasil bahwa kredibilitas instruktur dan metode pelatihan berpengaruh secara parsial maupun simultan terhadap motivasi peserta pelatihan untuk menggunakan metode e-learning.

The contribution of technology in education is bigger, that can be seen in using e-learning program as one of educating method through internet. So every university try to teach their lecturer for using this method.

E-learning training is predicted can arise lecturer motivation to use this method so this research is trying to find out the correlation and influence between two variables. This research is using survey method and path analysis.

The result of this research is instructor credibility and training method have influence as partial and simultaneous to trainee motivation for using e-learning method.

Download: pdf