Abstrak RSS

Structural Equation Modeling (Sem) Untuk Data Kategori (Studi Kasus Pada Uji Kemampuan Dan Literasi Sains Siswa Kelas Tujuh Sekolah Menengah Tingkat Pertama)

Structural Equation Modeling (Sem) Untuk Data Kategori (Studi Kasus Pada Uji Kemampuan Dan Literasi Sains Siswa Kelas Tujuh Sekolah Menengah Tingkat Pertama)
Farah Diba
Unpad
Indonesia
Unpad
, , , ,

Kemampuan adalah sebuah konstruk yang mempunyai nilai namun tidak dapat diukur langsung yang lebih dikenal dengan variabel laten. Evaluasi terhadap kemampuan selain dilakukan terhadap individu perlu pula dilakukan terhadap alat ukurnya yaitu butir-butir soal. Berkualitas tidaknya butir soal dapat diketahui melalui tingkat kesulitan dan fungsi pembeda soal yang merupakan parameter yang ada pada item response theory (IRT). Sedangkan hubungan antara hasil tes dan kemampuan dinyatakan dalam sebuah kurva yang disebut item characteristic curve (ICC). Jika kemampuan dipengaruhi faktor-faktor lain dalam hal ini akreditasi sekolah dan jenis kelamin yang berbentuk kategori maka analisis terhadap kemampuan dapat menggunakan model multiple indicators and multiple causes (MIMIC). Dalam penelitian ini variabel laten diamati melalui variabel-variabel indikator yang berbentuk kategori sehingga teori dalam metode structural equation model (SEM) untuk data kategori dapat digunakan untuk analisis model. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model yang terbaik melalui estimasi dan perbandingan parameter pada model IRT dan MIMIC. Analisis data menghasilkan perbedaan yang cukup signifikan antara model IRT dengan MIMIC. Evaluasi terhadap model menghasilkan model IRT merupakan model terbaik karena hasil estimasi terhadap parameter-parameternya menunjukkan hasil yang lebih baik serta nilai …. dan df yang lebih kecil dibanding model MIMIC. Dari kurva karakteristik soal diketahui soal nomor tiga memiliki kualitas soal yang paling baik karena dapat membedakan kemampuan peserta lebih baik dibandingkan dengan soal lainnya. Dari model MIMIC dapat diketahui bahwa pada tiap akreditasi sekolah, kemampuan peserta perempuan dan laki-laki hampir sama walaupun hasil peserta perempuan lebih tinggi dibanding peserta laki-laki dan semakin rendah akreditasi sekolah maka semakin rendah pula kemampuan sainsnya.

Ability is a construct that has value but can not be measured directly or latent variables. Evaluation of ability to also be done on the measuring tool that is a item. Quality of items can be known by item difficulty and item discrimination that are parameters on item response theory (IRT). While relationship between test result and ability expressed in a curve called item characteristic curve (ICC). If ability is influenced other factors in this study are school accreditation and gender, analysis of ability model can be use multiple indicators multiple causes (MIMIC) model. In this research, latent variables were observed through the indicator variables with category data so structural equation model (SEM) for categorical data method can be used for analysis. While the aim of this study is to determine the best model through estimation and comparison of parameters in IRT and MIMIC models. The result of data analysis are significant difference between IRT with MIMIC models. Evaluation of model results that IRT models is the best model for the estimation of parameters showed better result and the value of …. and df is smaller than the MIMIC model. From the item characteristic curve is known about the item number three has a good quality because it can distinguish the ability of participants is better than any other items. From MIMIC model can be seen that for each school accreditation, the ability of female and male participants almost same although female participants was higher than male participants and for the school with low accreditation then the ability is lower.

Untuk keterangan lebih lanjut silahkan menghubungi http://cisral.unpad.ac.id