Abstrak
Pemberian Pelatihan Discrimination Of Figure And Ground Untuk Meningkatkan Kemampuan Pengidentifikasian Huruf Di Dalam Proses Pra Membaca Pada Anak Usia Pra Sekolah
Siti Sarah
Unpad
Indonesia
Unpad
Anak Usia Pra Sekolah, Discrimination Of Figure And Ground, Kemampuan, Pelatihan Anak, Pengidentifikasian Huruf, Proses Pra Membaca
Penelitian ini bermaksud untuk menemukan modul pelatihan yang sesuai dalam mengembangkan keterampilan Discrimination of Figure and Ground yang dibutthkan anak untuk dapat mengindentifikasikan huruf di dalam suatu kata pada proses pra membaca. Beberapa penelitian yang telah dilakukan sebelumnya menyebutkan bahwa keeteampilan Discrimination of Figure and Ground adalah salah satu keterampilan pra syarat yang penting dimiliki oleh anak untuk mempunyai kemampuan anak dalam mengidentifikasikan huruf yang menjadi bekal anak di dalam proses membaca.Kemampuan pengidentifikasian huruf pada suatu kata merupakan hal yang dapat dilatih dan dikembangkan. Salah satu tipe pembelajaran adalah melalui bentuk pelatihan. Hasil akhir pembelajaran yang ditujukan dalam penelitian ini adalah sampai tahap kognitif level aplikasi. Materi pelatihan disusun berdasarkan hasil analisa kebutuhan berkaitan dengan kondisi yang perlu ditingkatkan pada keterampilan Discrimination of Figure and Ground subjek penelitian. Penelitian ini termasuk penelitian field experimental, yaitu kajian penelitian dalam situasi nyata, dengan memanipulasi satu variabel bebas dan dengan mengontrol secara cermat kondisi yang mungkin timbul dalam suatu situasi. Rancangan penelitian adalah Single Group Pre-Test- Post-Test Design (Before-After), dengan melakukan pengukuran dua kali sebelum dan dua kali sesudah pemberian treatment berupa pelatihan. Uji statistik yang digunakan adalah uji Paired Sample T-Test dan yang menjadi subjek penelitian adalah target populasi, yaitu anak yang memiliki keterampilan Discrimination of Figure and Ground dengan tingkat kematangan yang kurang dan belum optimal Hasil uji statistik menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara tingkat keterampilan pengidentifikasian huruf di dalam suatu kata pada subjek penelitian sebelum dan sesudah diberikan pelatihan (dengan taraf signifikasi 95%). Hal ini menunjukkan bahwa subjek penelitian sudah lebih mampu untuk memfokuskan perhatiannya terhadap huruf yang ada pada suatu kata secara visual, mendiskriminasikan bentuk bentuk huruf yang beragam di dalam suatu kata sebagai bagian yang utuh secara visual, serta mengingat kembali bentuk huruf-huruf pada suatu kata secara visual. Di akhir penelitian ada beberapa saran yang diajukan, baik dalam bentuk teoritis maupun praktis, berkaitan dengan penelitian selanjutnya dan hal-hal yang mendukung pengembangan keterampilan Discrimination of Figure and Ground di dalam proses pra membaca.
Untuk keterangan lebih lanjut silahkan menghubungi http://cisral.unpad.ac.id