Abstrak RSS

Faktor-faktor Penentu Ketersediaan Infrastruktur Jalan dan Air: Studi Panel Data Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung

Faktor-faktor Penentu Ketersediaan Infrastruktur Jalan dan Air: Studi Panel Data Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung
Linda Libiayanti Sumadewi
Unpad
Indonesia
Unpad
, , , , , , , , ,
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat faktor-faktor yang mempengaruhi investasi infrastruktur jalan dan air di kabupaten/kota di Provinsi Lampung sehingga dapat dirumuskan beberapa kebijakan untuk dapat meningkatkan investasi infrastruktur dalam perspektif untuk peningkatan pertumbuhan ekonomi serta mengetahui seberapa besar pengaruh sektor-sektor dalam perekonomian terhadap peningkatan infrastruktur tersebut.Variabel dalam penelitian adalah Infrastruktur Jalan dan Air sebagai variabel terikat dengan PDRB Perkapita, Komposisi Sektor Pertanian Dalam PDRB, Komposisi Sektor Industri dalam PDRB, Pertumbuhan Penduduk, dan Persentase Penduduk dalam urban area sebagai variabel bebas. Data diperoleh dari Badan Pusat Statistik dan beberapa Dinas/Instansi di Provinsi Lampung dengan runtun waktu tahun 2001-2010.  Metode analisis yang dipergunakan adalah Metode Generelized Least Square (GLS) dengan Fixed Effect Model.Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa variabel PDRB Perkapita, Komposisi Sektor Pertanian Dalam PDRB, Komposisi Sektor Industri dalam PDRB, Pertumbuhan Penduduk, dan Persentase Penduduk dalam urban area berpengaruh positif dan signifikan terhadap infrastruktur jalan.  Sedangkan terhadap infrastruktur air, variabel PDRB Perkapita, Komposisi Sektor Pertanian Dalam PDRB, Komposisi Sektor Industri dalam PDRB, dan Persentase Penduduk dalam urban area memiliki pengaruh positif dan signifikan, namun untuk variabel pertumbuhan penduduk berpengaruh positif tapi tidak signifikan.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat faktor-faktor yang mempengaruhi investasi infrastruktur jalan dan air di kabupaten/kota di Provinsi Lampung sehingga dapat dirumuskan beberapa kebijakan untuk dapat meningkatkan investasi infrastruktur dalam perspektif untuk peningkatan pertumbuhan ekonomi serta mengetahui seberapa besar pengaruh sektor-sektor dalam perekonomian terhadap peningkatan infrastruktur tersebut.Variabel dalam penelitian adalah Infrastruktur Jalan dan Air sebagai variabel terikat dengan PDRB Perkapita, Komposisi Sektor Pertanian Dalam PDRB, Komposisi Sektor Industri dalam PDRB, Pertumbuhan Penduduk, dan Persentase Penduduk dalam urban area sebagai variabel bebas. Data diperoleh dari Badan Pusat Statistik dan beberapa Dinas/Instansi di Provinsi Lampung dengan runtun waktu tahun 2001-2010.  Metode analisis yang dipergunakan adalah Metode Generelized Least Square (GLS) dengan Fixed Effect Model.Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa variabel PDRB Perkapita, Komposisi Sektor Pertanian Dalam PDRB, Komposisi Sektor Industri dalam PDRB, Pertumbuhan Penduduk, dan Persentase Penduduk dalam urban area berpengaruh positif dan signifikan terhadap infrastruktur jalan.  Sedangkan terhadap infrastruktur air, variabel PDRB Perkapita, Komposisi Sektor Pertanian Dalam PDRB, Komposisi Sektor Industri dalam PDRB, dan Persentase Penduduk dalam urban area memiliki pengaruh positif dan signifikan, namun untuk variabel pertumbuhan penduduk berpengaruh positif tapi tidak signifikan.

The purpose of this study was to look at the factors that influence investment in road and water infrastructure regency/municipalities in Lampung Province thus formulated several policies to increase investment in infrastructure in perspective to increase economic growth and determine how much influence the sectors in the economy will improving the infrastructure. Variables in the study were Roads and Water Infrastructure as a dependent variable and GDP per capita, the Sectoral Share of Agricultural in GDP, Sectoral Share of Industry in GDP, Population Growth, and the percentage people in urban areas as independent variables. The Data obtained from the Badan Pusat Statistik Provinsi Lampung and several Department/Institution in Lampung Province with time series in 2001-2010. The method of analysis is a Generelized Least Square (GLS) with the Fixed Effect Model. The results of this study show that the variable of GDP per capita, Sectoral Share of Agricultural in GDP, Sectoral Share of Industry in GDP, Population Growth, and the percentage people in urban areas have a positive and significant impact on the road infrastructure. While the water infrastructure, the variable GDP per capita, Sectoral Share of Agricultural in GDP, Sectoral Share of Industry in GDP, and percentage people in urban areas has a positive and significant effect, but population growth have a positive impact but not significant.

Download: .pdf