Abstrak RSS

Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Pendekatan Peer Education Terhadap Pengetahuan, Sikap Dan Tindakan Odha Mengenai Pencegahan Penularan Hiv/Aids Dan Perawatan Diri Di Rumah Cemara Kota Sukabumi

Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Pendekatan Peer Education Terhadap Pengetahuan, Sikap Dan Tindakan Odha Mengenai Pencegahan Penularan Hiv/Aids Dan Perawatan Diri Di Rumah Cemara Kota Sukabumi
Dewi Erna Marisa
Unpad
Indonesia
Unpad
, , ,

p>Data epidemi HIV/AIDS di dunia mencapai angka 35.7 juta orang, diikuti data kasus HIV /AIDS di Indonesia dari tahun 2005-2011 ialah sebanyak 15.589, kemudian data di Provinsi Jawa Barat yang dilaporkan sampai September 2011 sebanyak 3804 serta data di Kota Sukabumi sebanyak 459 kasus. Hal ini menunjukan tingginya kasus HIV/AIDS di dunia. Berbagai upaya sudah dilakukan semua pihak untuk menurunkan angka kejadian HIV/AIDS, termasuk pendidikan kesehatan yang diberikan kepada berbagai pihak termasuk ODHA untuk meningkatan pengetahuan, sikap dan tindakan yang berkaitan dengan pencegahan HIV/AIDS. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui efektifitas pendidikan kesehatan dengan pendekatan peer education dibandingkan dengan pendidikan kesehatan melalui ceramah oleh tenaga kesehatan. Metode yang digunakan ialah menggunakan penelitian kuantitatif, dengan desain penelitian ekperimen semu (quasi expertimen). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh penderita HIV/AIDS usia 21- 35 tahun yang berada dibawah naungan Rumah Cemara di Kota Sukabumi yang sebanyak 164 orang, dengan sampel 30 orang dalam kelompok penelitian dan 30 orang dalam kelompok control. Hal ini merujuk pada teori Cohen (2007) yang menyatakan bahwa untuk penelitian eksperimental, Kausal-Komparatif, butuh minimal 15 responden/obyek. Adapun hasil penelitian yang diperoleh ialah terdapat pengaruh yang lebih bermakna melakukan pendidikan kesehatan dengan pendekatan peer education dibandingkan dengan pendidikan kesehatan melalui ceramah oleh tenaga kesehatan terhadap peningkatan pengetahuan (p: 0,000), sikap(p: 0,000), dan tindakan (p: 0,000) ODHA tentang pencegahan HIV/AIDS dan cara perawatan diri di rumah Cemara kota Sukabumi. Berdasarkan hasil penelitian ini direkomendasikan LSM Rumah Cemara untuk dikembangkan pelaksanaan pendidikan kesehatan dengan menggunakan pendekatan peer education, dengan mengoptimalkan peran pendampingan terhadap ODHA. Untuk pendidikan keperawatan direkomendasikan supaya memberikan pembahasan yang lebih mendalam mengenai pendidikan kesehatan dengan pendekatan peer education. Sedangkan untuk peneliti selanjutnyadirekomendasikan untuk meneliti pengaruh pendidikan kesehatan dengan pendekatan peer education terhadap kualitas hidup ODHA untuk melakukan kegiatan atau aktivitas sehari-hari

Epidemic of HIV / AIDS in the world reached 35.7 million people, followed by cases of HIV / AIDS in Indonesia from 2005 to 2011 was as much as 15 589, then the in the province of West Java reported 3804 until September 2011 as well as on as many as 459 Sukabumi case. This shows the high incidence of HIV / AIDS in the world. Various efforts have been made on all parties to reduce the incidence of HIV / AIDS, including health education provided to various stakeholders including PLHIV to improve the knowledge, attitudes, and actions related to the prevention of HIV / AIDS. The purpose of this study was to determine the effectiveness of health education with peer education approach compared with health education through lectures by health professionals. The method used is to use quantitative research, the quasi-experimental research design . The population used in this study were all HIV / AIDS patients aged 21-35 years under the auspices of Pine House in Sukabumi that as many as 164 people, with a sample of 30 people in the study group and 30 in the control group. This refers to the theory of Cohen (2007) which states that for experimental research, Causal-Comparative, it took a minimum of 15 respondents / object. The results obtained there is a more significant influence do peer health education approach to education compared to health education through lectures by health professionals to increase the knowledge (p: 0.000), attitude (p: 0.000), and action (p: 0.000) PLWHA on HIV / AIDS and how to self-care at home Fir Sukabumi town. Based on the results of this study recommended Fir Houses for development implementing health education using peer education approach, to optimize the role of assistance to people living with HIV. Recommended for nursing education in order to provide a more in-depth discussion about peer education approach to health education. As for the researchers to examine the effect selanjutnyadirekomendasikan health education with peer education approach to the quality of life of PLHA to conduct or activities of daily living.

Untuk keterangan lebih lanjut silahkan menghubungi http://cisral.unpad.ac.id