Abstrak RSS

Motif Penggunaan Surat Kabar Harian Pikiran Rakyat Dan Kepuasan Yang Diperoleh Dari Pemenuhan Kebutuhan-Kebutuhan Khalayak (Studi Survey Terhadap Pelanggan Pikiran Rakyat Cimahi Tahun 2012)

Motif Penggunaan Surat Kabar Harian Pikiran Rakyat Dan Kepuasan Yang Diperoleh Dari Pemenuhan Kebutuhan-Kebutuhan Khalayak (Studi Survey Terhadap Pelanggan Pikiran Rakyat Cimahi Tahun 2012)
Anye Diah Muthia
Unpad
Indonesia
Unpad
, , , ,

Anye Diah Muthia, 210220100009. Judul penelitian “Motif Penggunaan Surat Kabar Harian Pikiran Rakyat Dan Kepuasan Yang Diperoleh Dari Pemenuhan Kebutuhan-Kebutuhan Khalayak”. Penelitian ini dibawah bimbingan Dr. Atwar Bajari, M.Si. sebagai ketua tim pembimbing dan H. Hadi Suprapto A., Drs., M.Si. sebagai anggota tim pembimbing. Program pendidikan magister program studi ilmu komunikasi, bidang kajian utama komunikasi bisnis Universitas Padjadjaran. Teori yang diuji dalam penelitian ini adalah teori uses and gratifications, dengan menggunakan metode survey. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasaan pelanggan surat kabar harian Pikiran Rakyat melalui motif penggunaan media. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan surat kabar harian Pikiran Rakyat yang berdomisili di Cimahi. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik acak sederhana dan besar ukuran sampel sebanyak 33 orang, pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t berpasangan. Uji hipotesis menunjukkan bahwa, Pada motif informasi, terdapat kesenjangan yang signifikan kepuasan yang diharapkan (Gratification Sought) sebelum membaca harian Pikiran Rakyat dengan kepuasan yang diperoleh (Gratification Obtained) setelah membaca harian Pikiran Rakyat. Selanjutnya Pada motif identitas pribadi, motif integrasi dan interaksi sosial, serta motif hiburan, ternyata tidak terdapat kesenjangan yang signifikan kepuasan yang diharapkan (Gratification Sought) sebelum membaca harian Pikiran Rakyat dengan kepuasan yang diperoleh (Gratification Obtained) setelah membaca harian Pikiran Rakyat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah secara umum pelanggan surat kabar harian Pikiran Rakyat di Cimahi mendapatkan kepuasan setelah menggunakan membaca Pikiran Rakyat. Hal ini diketahui dari perbandingan antara kepuasaan yang diharapkan (Gratification Sought) sebelum membaca dan kepuasan yang diperoleh (Gratification Obtained) setelah membaca. Dan dari 4 motif penggunaan media, didapatkan hasil bahwa motif informasi yang memberikan kepuasan terbesar bagi pelanggan.

Anye Diah Muthia, 210220100009. Research title “The Motives of Using Pikiran Rakyat Daily News and Satisfaction Obtained from Fulfilling Audience’s Needs”. The research written under guidance of Dr. Atwar Bajari, M.Si as a Leader of Mentors Team, and H. Hadi Suprapto A., Drs., M.Si as a member of Mentors Team. This is a research of Master Degree Communication Science, focusing on communication business at Padjadjaran University. The theory that tested in this research is uses and gratifications theory, and using the survey method. This research aims to determine customer satisfaction of using Pikiran Rakyat Daily News through the motives of consuming media. The population in this research is the subscribers of Pikiran Rakyat Daily News in Cimahi. Sample extraction technique is simple random sampling, which is gave 33 people of sample. Hypothesis testing is done using paired t-test. Hypothesis testing showed that, in information motive, there is a significant gap between expected satisfaction (Gratification Sought) before reading Pikiran Rakyat Daily News and obtained satisfaction (Gratification Obtained) after reading Pikiran Rakyat Daily News. Furthermore, in the personal identity motive, integration and social interaction motive, and also entertainment motive, there is not a significant gap between expected satisfaction (Gratification Sought) before reading Pikiran Rakyat Daily News and obtained satisfaction (Gratification Obtained) after reading Pikiran Rakyat Daily News. The conclusion of this research is generally customers in Cimahi obtained satisfaction after using Pikiran Rakyat Daily News. It is known from the comparison between expected satisfaction (Gratification Sought) before reading Pikiran Rakyat Daily News and obtained satisfaction (Gratification Obtained) after reading Pikiran Rakyat Daily News. From those 4 motives of consuming media, showed that the information motive gave the subscribers the greatest satisfaction.

Untuk keterangan lebih lanjut silahkan menghubungi http://cisral.unpad.ac.id