Abstrak
Formulasi Program Pendidikan Perempuan Pada Dinas Pendidikan Propinsi Lampungdi Propinsi Lampung
Novita Tresiana
Unpad
Indonesia
Unpad
perumusan, Program, SDM
Penelitian ini berangkat dari masalah penelitian yang dinyatakan dalam bentuk statemen pertanyaan “Bagaimanakah formulasi program pendidikan perempuan pada Dinas Pendidikan Propinsi Lampung?”.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatakan konsep baru berkenaan dengan formulasi kebijakan publik dan untuk menjawab tujuan penelitian maka metode kuaitlatif dipergunakan. Hasil penelitian menggambarkan bahwa elemen pengetahuan, otoritas/kekuasaan dan jejaring kerja (networking) dalam formulasi program pendidikan perempuan pada Dinas Pendidikan Propinsi Lampung belumlah memadai. Hal ini disebabkan lemahnya pemahaman perumus program akan substansi program pendidikan perempuan sebagai fungsi strategis untuk mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam bidang pendidikan. Pemahaman perumus program merupakan hasil proses pembelajaran yang dilakukan oleh perumus program. Penempatan otoritas/kekuasan PUG amatlah ditentukan bagaimana pemahaman perumus terhadap substansi program, demikian juga hubungan/interaksi dengan perumus program, baik internal maupun eksternal yang juga merupakan hasil pemahaman akan perlunya sebuah program pendidikan perempuan yang berkualitas. Konsep baru yang diperoleh sebagai sumbangan pengetahuan, khususnya berkenaan dengan formulasi kebijakan adalah “Sumberdaya manusia yang merupakan perumus program adalah faktor penentu keberhasilan proses formulasi program”.
This research started from a research problem that stated into the question statemen “how the education program for women formulated in education agency in Lampung Province”. he aim of this research is to obtain new concept on administration study, particularly regarding the formulation of public policy. In answering the purpose of this research, a research was conducted using a qualitative approach. As the elemen of program formulation, the result of this research describes the knowledge, authority and networking on women education program in education agency are scarcity. This Hal ini disebabkan lemahnya pemahaman perumus program akan substansi program pendidikan perempuan sebagai fungsi strategis untuk mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam bidang pendidikan. Pemahaman perumus program merupakan hasil proses pembelajaran yang dilakukan oleh perumus program. Penempatan otoritas/kekuasan PUG amatlah ditentukan bagaimana pemahaman perumus terhadap substansi program, demikian juga hubungan/interaksi dengan perumus program, baik internal maupun eksternal yang juga merupakan hasil pemahaman akan perlunya sebuah program pendidikan perempuan yang berkualitas. Konsep baru yang diperoleh sebagai sumbangan pengetahuan, khususnya berkenaan dengan formulasi kebijakan adalah “Sumberdaya manusia yang merupakan perumus program adalah faktor penentu keberhasilan proses formulasi program”.
Untuk keterangan lebih lanjut silahkan menghubungi http://cisral.unpad.ac.id