Abstrak RSS

Ekspresi Komunikasi Individu Autistik( Studi Kasus Tentang Ekspresi Komunikasi Penyandang Autisme Di Sekolah Dasar Negeri (Sdn) 131 Jambi Sebagai Sekolah Inklusi )

Ekspresi Komunikasi Individu Autistik( Studi Kasus Tentang Ekspresi Komunikasi Penyandang Autisme Di Sekolah Dasar Negeri (Sdn) 131 Jambi Sebagai Sekolah Inklusi )
Eraskaita Ginting
Unpad
Indonesia
Unpad
, , ,

Saat ini kasus autisme semakin meningkat. Beberapa rumah sakit di Jakarta mengklaim terjadi peningkatan angka pasien anak autisme hingga 400%. Pada umumnya individu autisme mengalami gangguan komunikasi, interaksi dan sosialisasi. Individu autisme dengan berbagai keterbatasannya dalam berkomunikasi dan berinteraksi tentunya mempunyai cara tersendiri dan unik dalam berkomunikasi dan berbeda dengan anak normal lainnya. Penelitian ini diadakan, tidak lain untuk memahami ekspresi komunikasi individu autistik tersebut. Penelitian dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 131 Jambi, dengan jumlah anak penyandang autisme sebanyak 4 orang. Objek penelitian ini adalah ekspresi komunikasi individu autistik dengan orang tua (shadow), guru dan teman sekelas (autis dan non autis). Dengan identifikasi masalah sebagai berikut : 1) bagaimana ekspresi komunikasi individu autistik ketika berhubungan dengan guru di lingkungan sekolah? 2)bagaimana ekpresi komunikasi individu autistik ketika berhubungan dengan orang tua (shadow) di l ingkungan sekolah? 3) bagaimana ekspresi komunikasi individu autistik ketika berhubungan dengan teman sekelas?. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, khususnya aspek penggunaan lambang verbal dan nonverbal. Untuk mendapatkan data, digunakan observasi berperanserta, wawancara mendalam dan penggunaan dokumentasi. Informan penelitian ini adalah guru kelas, orang tua siswa penyandang autisme (yang juga berperan sebagai shadow), kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan teman sekelas serta beberapa ahli. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa individu autistik yang bersekolah di SDN 131 Jambi lebih dominan menggunakan lambang nonverbal dalam mengekspresikan komunikasinya, mengungkapkan keinginannya, sedangkan bahasa verbal diungkapkan cukup singkat hanya satu atau dua kata secara tidak jelas dan berat serta selalu berulang. Hal ini dikarenakan keterbatasan mereka terhadap perilaku, sosialisasi dan komunikasi. Komunikasi bagi mereka cenderung untuk meminta dan sulit untuk memberi komentar. Ekspresi-ekspresi komunikasi melalui pesan nonverbal dari Individu autistik memudahkan individu autistik menyampaikan keinginan dan kebutuhannya.

At present, the case of autism is increasing. Some hospitals in Jakarta claimed that an increasing number of pediatric patients with autism up to 400%. In general, individuals with autism have impaired communication, interaction and socialization. Individual with autism to various limitations in communicating and interacting, and of course has its own unique way of communicating and different from other normal children. The research was conducted, there is another to understand the expression of the autistic individual communications. The study was conducted in Primary School 131 Jambi, with the number of children with autism as many as 4 people. Object of this study is the expression of communication with parents of autistic individuals (shadow), teachers and classmates (autistic and non autistic). By identifying the problem as follows: 1) how the expression of the autistic individual communication when dealing with teachers in the school environment? 2) how the expression of the autistic individual communication when dealing with parents (shadow) in the school environment? 3) how the expression of autistic individuals when it comes to communication with your classmates?. The method used is a qualitative method with case study approach, in particular aspects of the use of verbal and nonverbal symbols. To obtain data, used participant observation, interviews and the use of documentation. Informants of this study is the class teacher, parents of students with autism (who also serves as a shadow), principals, vice principals and classmates as well as several experts. The results of this study indciate that individuals with auitsm who attend predominantly SDN 131 Jambi uses symbols to express nonverbal communication expressing his desire, while verbal language is expressed quite short only one or two words are not clear and hard and are always repeated. This is due to their limitations on behavior, and communication socialization. Communication for those inclined to ask and it is difficult to comment. Expressions of nonverbal communication through messages from individuals with autism facilitate autistic individuals expressed desires and needs.

Untuk keterangan lebih lanjut silahkan menghubungi http://cisral.unpad.ac.id