Abstrak RSS

Hubungan E-Publications Dengan Minat Baca Mahasiswa Studi Korelasi Tentang Minat Baca Di Perpustakaan Universitas Airlangga Surabaya

Hubungan E-Publications Dengan Minat Baca Mahasiswa Studi Korelasi Tentang Minat Baca Di Perpustakaan Universitas Airlangga Surabaya
Sulistiorini
Unpad
Indonesia
Unpad
, ,

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan epublications dengan minat baca mahasiswa. Penelitian ini juga meneliti apakah hubungan e-publications mempunyai hubungan positip signifikan baik secara parsial maupun simultan dengan minat baca mahasiswa di Perpustakaan Universitas Airlangga Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksplanatif dengan cross sectional dan menggunakan metode analisis koefisien korelasi Product Moment Method (Pearson). Data yang terkumpul diperoleh melalui penyebaran kuesioner dengan responden e-library di Perpustakaan Universitas Airlangga Surabaya. Hasil penelitian secara parsial, terdapat hubungan yang positif antara tampilan teks e-publications dengan minat baca mahasiswa. Begitu juga terdapat hubungan yang positif contents e-publications dengan minat baca mahasiswa. Maka hasil yang diperoleh menunjukkan hubungan e-publications (tampilan teks dan contents) secara bersama-sama mempunyai hubungan yang besar terhadap minat baca mahasiswa sebesar 76,3%.

This research was conducted to determine whether there is a relationship between e-publication and students’ reading interest. It also investigated whether epublications has a significant positive relationship both partially and simultaneously with students’ reading interest at Surabaya Airlangga University’s Library. This research used a cross sectional explanatory research method and a correlational coefficient analysis of Product Moment Method (Pearson). The collected data was obtained by spreading questionnaires to e-library respondentslibrary users at Surabaya Airlangga University’s Library. The result of research was that, partially, there was a positive relationship between the displays of e-publications texts and students’ reading interest. Likewise, there was a positive relationship between e-publications contents and students’ reading interest. Thus, the result gained showed that e-publications (displays of texts and contents) simultaneously have a strong relationship with students’ reading interest by 76.3 percent.

Untuk keterangan lebih lanjut silahkan menghubungi http://cisral.unpad.ac.id