Abstrak
Komunikasi Organisasi Di Sekretariat Jenderal Dpr Ri
Dewi Barliana Soetisna
Unpad
Indonesia
Unpad
informasi, komunikasi organisasi, sistem komunikasi
Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (Setjen DPR RI) merupakan suatu institusi pemerintahan yang dibentuk secara khusus membantu, memberikan, melaksanakan dan melaporkan kegiatan DPR RI. Pentingnya komunikasi organisasi sebagai alat administrasi dan manajemen di Setjen DPR RI agar tercipta sinergi dalam proses komunikasi tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tentang komunikasi organisasi yang berjalan di Setjen DPR RI. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif, yang menjelaskan dan menguraikan tentang komunikasi organisasi di Setjen DPR RI. Sumber data berupa kondisi empirik tentang fenomena, dengan peneliti sebagai instrumen utama. Teknik pengumpulan data adalah studi observasi, dokumentasi dan wawancara mendalam dengan beberapa Informan dari lingkungan Setjen DPR RI dan beberapa Anggota DPR RI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek Kepuasan Organisasi, aspek Iklim Komunikasi Organisasi, aspek Kualitas Media, aspek Kemudahan Memperoleh Informasi, aspek Penyebaran Informasi, aspek Muatan Informasi, aspek Kemurnian Pesan, dan aspek Budaya Organisasi belum terlaksana dengan baik, karena adanya hambatan informasi akibat kurangnya kedisiplinan dari masing-masing anggota organisasi untuk memahami kebijakak-kebijakan yang ada, sehingga proses meciptakan lingkungan kerja yang kondusif masih belum tercapai dan belum efektif. Temuan dalam penelitian ini adalah komunikasi organisasi di Setjen DPR RI masih belum efektif disebabkan SOP yang telah ada belum dilaksanakan secara benar, adanya distorsi informasi dari kebijakan-kebijakan yang menyangkut organisasi disebabkan dukungan sistem dan kinerja pengelola informasi belum efektif.
Secretariat General of the Indonesian House of Representatives (Setjen DPR RI) is a government institution specifically established to assist, provide, execute, and report the activities of the House of Representatives. Organizational communication among divisions as a means of administration and management in Setjen DPR RI is vital in creating synergy in the process of communication. This research is conducted to find out about organizational communication that runs in the Secretariat General of DPR RI. This research employs qualitative design method, which describes and elaborates the organizational communication in Setjen DPR RI. The sources of data include empirical conditions regarding phenomena, with researchers as the main instrument. The data were gathered through observational study, documentation and in-depth interview with a number of sources at Setjen DPR RI, as well as some member of the parliaments. The result of this research has revealed that some organizational aspects, namely Organizational Satisfaction, Organizational Communication Atmosphere, Media Quality, Access to Information, Information Distribution, Information Content, Message Authenticity, and Organizational Culture, have not been appropriately exercised due to each member of the organization’s lack of discipline in understanding the organizational policy, resulting in unconducive and ineffective working atmosphere. The finding of this research indicates that the ineffective organizational communication is the result of poorly implemented Standard Operating Procedure (SOP), and distorted information related to the organizational policies caused by the poor system support and ineffective performance of the information management team.
Untuk keterangan lebih lanjut silahkan menghubungi http://cisral.unpad.ac.id