Abstrak
Pengaruh Implementasi Kebijakan Standar Nasional Pendidikan Terhadap Kualitas Pelayanan Pendidikan Pada Sekolah Menengah Atas Negeri Di Kota Administrasi Jakarta Selatan
Sanusi
Unpad
Indonesia
Unpad
Disposisi, Struktur birokrasi, Sumber Daya
Fenomena yang dijadikan obyek penelitian adalah kualitas pelayanan pendidikan pada Sekolah Mengah Atas Negeri di Kota Administrasi Jakarta Selatan yang belum optimal. Tujuan penelitian adalah membahas pengaruh implementasi kebijakan standar nasional pendidikan terhadap kualitas pelayanan pendidikan pada Sekolah Menengah Atas Negeri, dan memperoleh konsep baru bagi pengembangan ilmu pengetahuan terutama pengembangan Ilmu Pemerintahan. Penelitian menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode survey sample. Sampel penelitian 243 orang terdiri dari 132 unsur pegawai instansi pendidikan dan 111 guru dan komite sekolah. Pengumpulan data sekunder menggunakan studi kepustakaan, pengumpulan data primer menggunakan teknik kuesioner, untuk memahami situasi dan kondisi obyek penelitian dilakukan observasi. Analisis data menggunakan Analisis SEM (Structural Equation Model Analysis) dengan program PLS (Partial Least Square). Dari pembahasan hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: Terdapat pengaruh Implementasi Kebijakan Standar Nasional Pendidikan terhadap Kualitas Pelayanan Pendidikan pada SMA Negeri di Kota Administrasi Jakarta Selatan. Besanya pengaruh Implementasi Kebijakan Standar Nasional Pendidikan terhadap Kualitas Pelayanan Pendidikan pada SMA Negeri di Kota Administrasi Jakarta Selatan ditentukan oleh komuniksi, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi. Adanya pengaruh tersebut bermakna bahwa di antara Implementasi Kebijakan Standar Nasional Pendidikan dengan Kualitas Pelayanan Pendidikan terjalin suatu hubungan kaausalitas yang bermakna : apabila Implementasi Kebijakan Standar Nasional ditingkatkan atau meningkat maka peningkatan tersebut diikuti dengan peningkatan Kualitas Pelayanan Pendidikan.
This phenomenon is used as the object of research is the quality of educational services at the Senior High School in South Jakarta Municipality is not optimize. The research objective was to discuss the influence of implementation of national education standards policy on the quality of educational services at the Senior High School, and obtain a new concept for the development of science, especially the development of Government Science. The study uses a quantitative research approach with a sample survey method. The research sample consisted 243, 132 people element of employee education institutions and 111 teachers and school committees. Secondary data collection using library research, primary data collection using questionnaire techniques, to understand the situation and condition of the object of research carried out observations. Analysis of data analysis using SEM Analysis (Structural Equation Model Analysis) with courses PLS (Partial Least Square). From the discussion of the research results obtained the following conclusions: There is the influence of the implementation of national education standards policy toward quality education services at the Senior High School in South Jakarta Municipality. Magnitude of the influence of the implementation of national education standards policy toward quality education services at the Senior High School in South Jakarta Municipality determined by the communication, resources, disposition and bureaucratic structure. Which means that the influence of implementation of national education standards policy to quality education services established a causal relationship is significant: if the implementation of national education standards policy be increased or increases, the increase was followed by an increase in quality of education services.
Untuk keterangan lebih lanjut silahkan menghubungi http://cisral.unpad.ac.id