Abstrak
Kepemimpinan, Budaya Pembelajaran Organisasional Pengaruhnya Terhadap Pengelolaan Pengetahuan Dan Implikasinya Pada Kinerja Organisasi
W A H D A
Unpad
Indonesia
Unpad
budaya pembelajaran organisasional, kepemimpinan, Kinerja Organisasi, pengelolaan pengetahuan
Sulawesi Selatan merupakan pusat pendidikan di kawasan Timur Indonesia. Sebagai salah satu instrumen pendidikan, Perguruan tinggi di Sulawesi Selatan nampaknya belum mampu bersaing dengan perguruan tinggi lain khususnya di kawasan barat Indonesia terlihat dari tidak mampunya masuk dalam peringkat 20 besar nasional. Diduga pembelajaran belum dijadikan sebagai budaya yang kuat, dan kaprodi disinyalir tidak memiliki kompetensi manajerial yang tinggi, sehingga mereka tidak mampu mengelola sumberdaya dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kondisi kepemimpinan, budaya pembelajaran organisasional, pengelolaan pengetahuan dan kinerja organisasi, serta menganalisis pengaruh kepemimpinan dan budaya pembelajaran organisasional terhadap pengelolaan pengetahuan, juga pengaruh antara kepemimpinan, budaya pembelajaran organisasional secara langsung atau tidak langsung melalui pengelolaan pengetahuan terhadap kinerja organisasi pada prodi di perguruan tinggi negeri di Sulawesi Selatan. Penelitian ini dilakukan secara sensus pada 138 prodi Sarjana di perguruan tinggi negeri di Sulawesi Selatan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif verivikatif. Hipotesis penelitian diuji dengan teknik Partial Least Square. Hasil penelitian menunjukkan Pertama, kepemimpinan kaprodi pada umumnya masih kategori tidak baik, budaya pembelajaran organisasional masih tertanam tidak kuat, pengelolaan pengetahuan masih kategori agak baik dan kinerja organisasi masih rendah; Kedua Pada prodi eksakta, noneksakta dan kelompok eksakta-noneksakta, kepemimpinan dan budaya pembelajaran organisasional secara simultan berpengaruh positif dan signifikan, akan tetapi secara parsial khususnya pada prodi noneksakta hanya budaya pembelajaran organisasional yang berpengaruh signifikan; Ketiga Pada tiga kelompok prodi Kepemimpinan dan budaya pembelajaran organisasional secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja organisasi. Pada program studi eksakta dan noneksakta, secara tidak langsung melalui pengelolaan pengetahuan, kepemimpinan tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja organisasi. Sedangkan pada program studi eksakta secara tidak langsung melalui pengelolaan pengetahuan, budaya pembelajaran organisasional tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja organisasi.
South Sulawesi is recognized as center education in eastern Indonesia. However, in terms of ranking of 20 major national universities in Indonesia, it indicates that universities in South Sulawesi have not been able to compete with others; especially those are in part of western Indonesia. It is assumed that the main causes of the low competitiveness of the colleges in South Sulawesi are the learning which is not a strong culture and the heads of department that are managerial incompetence, so that the resource is not well managed. This study is addressed to comprehend the existence of leadership, organizational learning culture, knowledge management and organization’s performance, and also analyze the influence of leadership and organizational learning culture on knowledge management, and the influence of leadership and organizational learning culture both directly and indirectly through knowledge management on organizational performance of courses of state colleges in South Sulawesi. This research performed by census method, this study involves all the 138 under graduates department of state universities in South Sulawesi. The type of the study is descrpitive verificative, and the hypothesis will be tested using Partial Least Square technique. The result shows that First the leadership of the heads of department are still in not good category, organizational learning culture has not been strongly embedded, knowledge management has not been well performed, and organisation’s performance is low; Second in the exact, non-exact, and group of exact-nonexact, leadership and organizational learning culture simultaneously positive and significant effect on knowledge management, whereas partially in the non-exact department, only organizational learning culture influences significantly; Third in all three types of department, leadership and organizational learning culture simultaneously positive and significant effect on organisation’s performance. At the exact and non-exact department, indirectly effect through knowledge management, leadership no significantly on organizational performance, while especially in the exact department, indirectly effect through knowledge management, organizational learning culture no significantly on organizational performance.
Untuk keterangan lebih lanjut silahkan menghubungi http://cisral.unpad.ac.id