Abstrak RSS

Aktivitas Antitumor Agen Celecoxib Terhadap Invasi Sel Kanker Lidah Sp-C1 (Kajian Invitro)

Aktivitas Antitumor Agen Celecoxib Terhadap Invasi Sel Kanker Lidah Sp-C1 (Kajian Invitro)
Harun Achmad, Mieke H. Satari, Roosje Oewen, Supriatno
Journal Of dentistry Padjadjaran 2011, Unpad
Indonesia
Journal Of dentistry Padjadjaran 2011, Unpad
, ,

Invasi merupakan sifat karakteristik pada terjadinya kanker dan menunjukkan kemampuan sel kanker merusak dan mendegradasi batas antara jaringan epitel dan basal membran untuk selanjutnya menyebar ke dalam matriks ekstraseluler sekitarnya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui adanya hambatan pada invasi sel kanker lidah SP-C1 dengan menggunakan obat kemopreventif celecoxib.

Sel kanker lidah SP-C1 pada uji in vitro diberi perlakuan dengan menggunakan obat celecoxib sebagai subyek penelitian pada konsentrasi 5, 10, 25, 50, 75, 100, 125, serta 0 sebagai kelompok kontrol (hanya pemberian media pertumbuhan DMEM). Pengujian eksperimental murni dilakukan selama 24 dan 48 jam dengan pengamatan dan perhitungan terhadap rerata jumlah invasi sel kanker lidah SP-C1 setelah pemberian beberapa konsentrasi celecoxib.

Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji ANAVA dengan uji berpasangan rentang Newman Keuls atau t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata jumlah invasi sel kanker lidah SP-C1 setelah pemberian obat celecoxib berdasarkan konsentrasi dan waktu pemberian secara statistik memberikan hasil yang signifikan. Hasil pengujian dengan ANAVA memberikan F hitung = 60,46 yang bersifat bermakna secara statistik, artinya ratarata terjadinya jumlah invasi sel kanker lidah SP-C1 karena pemakaian celecoxib dengan konsentrasi tertentu dibandingkan tanpa celecoxib adalah berbeda. Pada Celecoxib konsentrasi nol (kontrol) adalah 24,4 dengan konsentrasi celecoxib mulai dari 5 sampai dengan 125 mengalami penurunan dari rata-ratanya 11 hingga menjadi 2,3.

Kesimpulan penelitian adalah semakin besar konsentrasi celecoxib yang diberikan akan memberikan efek yang lebih besar pula terhadap hambatan invasi sel kanker lidah SPC1.

Kata kunci : Invasi, Sel Kanker lidah SP-C1, Celecoxib